Suara Pembaharu
TNI

Pangdam XIII/Merdeka Terima Brievet Kehormatan Corp Kavaleri

Suara Pembaharu – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Tuejeh, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI M. Luthfie Beta, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Mukhlis dan Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Theodorus Kawatu, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Infanteri Endra Saputra beserta para Asisten dan pejabat utama Kodam XIII/Merdeka lainya resmi menjadi warga kehormatan corps Kavaleri TNI AD yang ditandai dengan penyematan Brievet Kehormatan Ranpur Tank Yudha Wastu Wiratama dan Brievet Kuda Yudha Turangga Wiratama, Kamis (12/1/2023) di Kikav 10/MSC (Manguni Setia Cakti) Kec. Wori Kab. Minahasa Utara, Sulut

Penyematan Brievet dan Baret Hitam Kavaleri serta piagam Kehormatan Ranpur dan Kuda secara simbolis tersebut disematkan oleh Danki Kavaleri 10/MSC Lettu Kav Eka Syarif HS kepada Pangdam XIII/Merdeka, sedangkan para Danton Kikav 10/MSC menyematkan brievet kepada Kasdam XIII/Merdeka, Irdam XIII/Merdeka, Danrem 131/Santiago dan Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka.

Sebelum pengesahan sebagai warga kehormatan Corp Kavaleri, terlebih dahulu para peserta mengikuti pengenalan singkat teori dan praktek tentang cara mengemudi Ranpur Kavaleri yang di sampaikan oleh Danton 3 Letda Kav Baeni Iqfandi Senaroja ST.Han dan selanjutnya langsung melaksanakan praktek lapangan mengendarai Ranpur Panser Anoa 6×6 Kavaleri yang dipandu oleh para driver-driver Ranpur Kavaleri jenis Anoa yang handal.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam XIII/Merdeka mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam telah diberi kehormatan sebagai warga Corp Kavaleri yang merupakan salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi dari Dankikav 10/MSC.

Lebih lanjut Pangdam menambahkan, ” tentunya, setelah saya menjadi bagian dari warga Corp Kavaleri, saya juga mempunyai tanggung jawab dalam pengembangan – pengembangan Kompi Kavaleri 10/MSC mendatang,” ungkapnya.

Acara sertifikasi Brievet sebagai warga kehormatan Corps Kavaleri TNI AD tersebut, sebagai pemicu semangat bagi prajurit Kompi Kavaleri 10/MSC agar bangga dengan satuannya.

Baca Juga :  Vaksin Tahap 2 TNI AL Gelar Dipelabuhan Nusantara Tahuna

” Hendaknya prajurit Kavaleri terus belajar dan berlatih untuk menjadi prajurit yang profesional, berkualitas dan dapat dibanggakan,” jelas Pangdam.

Brievet Ranpur Kavaleri dan Kuda merupakan Brievet ciri khas Prajurit Kavaleri, Brievet ini merupakan tanda kualifikasi ataupun kemahiran dalam mengemudi Ranpur dan Kuda ” Untuk mendapatkan Brievet tersebut harus menempuh kursus dan memenuhi syarat-syarat tertentu sesuai dengan kurikulum yang berlaku,” imbuhnya.

Hadir dalam acara tersebut, Para Pejabat Tinggi Kodam XIII/Merdeka, Danrem 131/Stg, Danrindam XIII/Merdeka, Para Asisten Kasdam XIII/Merdeka dan Para Kabalakdam XIII/Merdeka.(*)

Postingan lainnya