Suara Pembaharu
Ekonomi

Jelang Nataru, Telkomsel Siaga Satukan Semangat untuk Bangkit Lebih Kuat

Suara Pembaharu – Berkomitmen menghadirkan kenyamanan pengalaman pelanggan dalam menyambut momen Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Telkomsel memastikan kesiapan dukungan infrastruktur konektivitas dan layanan digital terdepan.

Melalui Program Telkomsel Siaga yang kali ini mengusung tema ‘Satukan Semangat, Bangkit Lebih Kuat’.

Telkomsel berharap dapat menyatukan semangat masyarakat dalam menyongsong masa depan dengan penuh harapan untuk dapat bangkit lebih kuat, pasca masa pendemi Covid-19 yang penuh tantangan.

Telkomsel secara konsisten telah memastikan kesiapan jaringan broadband dan ketersediaan ragam layanan digital terkini, yang diharapkan dapat menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi bagi para pelanggan.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel mengucapkan selamat memperingati Hari Natal bagi masyarakat yang merayakan dan selamat menyambut Tahun Baru dengan penuh optimisme.

Setiap tahun, Telkomsel sebagai digital society enabler secara konsisten terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi pelanggan untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam menikmati kemeriahan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Dengan Program Telkomsel Siaga, kami terus berupaya menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi dan digital dengan menyiapkan kapabilitas serta keunggulan teknologi jaringan broadband terdepan, melalui penyediaan kualitas, kapasitas, cakupan jaringan yang merata dan setara hingga pelosok negeri,” ujar Nugroho.

Kata Nugroho, menyongsong pergantian tahun kali ini, Telkomsel juga ingin menyatukan semangat bangsa dengan optimisme, melampaui keterbatasan untuk terus berdaya dan bangkit lebih kuat.

Kesiapan Infrastruktur Konektivitas Digital Berteknologi Terdepan

Selama momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel memproyeksikan adanya lonjakan trafik layanan data (payload) sebesar 17,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa, dengan total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen apabila dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya.

Proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital.

Mulai dari layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 31,7 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,8 persen, layanan streaming video meningkat sekira 29,4 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,6 persen, akses browsing naik 24,1 persen, dan akses layanan e-commerce tumbuh sekira 35 persen.

Telkomsel memperkirakan trafik pada layanan SMS akan meningkat sebesar 7,9 persen, dan layanan panggilan suara akan turun 3 persen.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut, Telkomsel telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan pada  493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan.

Fokus wilayah prioritas tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan Covid-19, dan 2 tempat ibadah.

Baca Juga :  Sigap di Segala Hal, Pertamina Hadir Untuk Negeri

Nugroho lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga telah mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiagakan tambahan 61 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9,212 Gbps.

Di samping itu, Telkomsel pun melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia dan melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

Jaminan Ketersediaan Produk, Promo Layanan Digital, dan Program Loyalitas Bernilai Tambah

Dalam rangka menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi dan digital bagi para pelanggannya selama periode Nataru, Telkomsel juga telah memastikan ketersediaan ragam produk dan layanan unggulannya bagi masyarakat Indonesia.

Berbagai program dan promo spesial bagi pelanggan, juga dihadirkan untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam menikmati keseruan momen Nataru di seluruh penjuru Indonesia.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan, momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 merupakan momen bahagia penuh kebersamaan dan harapan yang dinanti oleh seluruh keluarga Indonesia.

“Dengan menyatukan semangat Indonesia untuk bangkit lebih kuat di tahun mendatang, kami berupaya memenuhi ekspektasi dan harapan dengan memastikan ketersediaan produk dan layanan unggulan Telkomsel, yang berfokus pada pemenuhan setiap kebutuhan aktivitas telekomunikasi dan digital pelanggan,” ujar Adiwinahyu.

Adiwinahyu pun berharap pada komitmen Telkomsel untuk selalu mengedepankan prinsip customer centricity dalam menghadirkan kemudahan akses produk dan layanan terkini.

Itu yang akan memberikan pengalaman aktivitas berkualitas guna membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi masyarakat dalam melewati semua tantangan di tiap fase kehidupan,” kata Adiwinahyu.

Telkomsel melengkapi kemeriahan momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan menghadirkan berbagai program loyalty dan promo spesial untuk pelanggan.

Program loyalty Telkomsel khusus momen Nataru meliputi rangkaian program unggulan Poin Festival 2022 dengan mekanisme lucky draw (dengan hadiah utama Mercedes-Benz C200, hadiah Honda HR-V, motor matic Vespa, gawai pintar Samsung, pulsa, dengan total sebanyak 2.022 hadiah).

Selain itu ada juga program Poin Parcel Akhir Tahun (untuk berkirim parcel dari e-commerce favorit).

Program diskon smartphone dengan tukar Telkomsel Poin juga dihadirkan dengan program Mendadak Hepi (yang memberikan ekstra kuota 22 GB dengan penukaran Poin).

Program Cuan Hepi (yang memberikan voucher diskon hingga Rp1,2 juta kepada pelanggan melalui penukaran Poin) dan Program Hepi Bareng (yang memberikan give away dengan penukaran Poin di media sosial) juga tidak ketinggalan.

Masih ada juga Program Redeem Poin On The Spot (tersedia di seluruh booth Telkomsel selama momen Nataru).

Baca Juga :  Uji Coba Jaringan 5G, Ini yang Dikatakan CEO Telkomsel

Konser Poin Festival bersama sejumlah musisi dan band terkemuka, Nonton Bola Bareng, dan Jajanan Poin, hingga penukaran Telkomsel Poin untuk berdonasi bersama BenihBaik pun turut dihadirkan.

Adiwinahyu yang juga akrab disapa Sigit menambahkan, Telkomsel juga memastikan kemudahan akses komunikasi pelanggan untuk tetap terhubung dengan kemeriahan Natal dan Tahun Baru.

Salah satunya dengan ragam paket promo spesial, mulai dari penawaran digital voucher untuk pelanggan Halo+ baru, paket prabayar Internet dan Combo Sakti Seru Terooos dan program bonus voucher Rezeki Sakti.

Selain itu ada juga Paket InternetMAX Prime berkolaborasi dengan Prime Video, Paket Surprise Deal Unlimited, Paket Surprise Deal Nonton dan Gaming, Paket Surprise Deal Orbit, paket promo Halo+ Special.

Untuk paket, ada paket data NARU Flash Sale, paket telepon Talkmania Flash Sale, Cashback Nampol MyTelkomsel yang bekerja sama dengan beberapa mitra fintech, dan penawaran khusus untuk modem Telkomsel Orbit Star N2 yang berkolaborasi dengan Home Credit Indonesia untuk kemudahan solusi cicilan pembayaran.

Pelanggan dapat melengkapi kemeriahan momen Natal dan Tahun Baru dengan tayangan-tayangan terbaik di berbagai platform yang berkolaborasi dengan Telkomsel.

Melalui Aplikasi MyTelkomsel, pelanggan dapat menikmati kuota streaming khusus untuk pembelian paket Vidio FIFA World Cup Qatar 2022 dengan bonus berlangganan 1 bulan Disney+ Hotstar, bebas berlangganan Prime Video untuk pembelian Paket Internet Sakti dan OMG selama 30 hari, dan diskon 50 persen untuk berlangganan WeTV selama 30 hari

Bagi para gamers, Telkomsel menyediakan berbagai program khusus untuk menambah keasyikan bermain games.

Dapatkan promo setiap hari untuk semua transaksi game voucher FreeFire, Mobile Legend, PUBG, dan ROCH dengan tambahan kuota, games item, hingga gratis 1 bulan berlangganan Disney+ Hotstar di platform Dunia Games.

Pelanggan Telkomsel bisa mendapatkan cashback sebesar 80 persen untuk pembelian game voucher di Google Play Store dan Codashop.

Pelanggan juga dapat merasakan pengalaman baru cloud gaming melalui platform GameQoo dengan lebih dari 500 game titles dan 10 international game publishers.

Pengalaman baru dengan latensi dan konsumsi bandwidth minimum terbaik dapat dibeli di platform Dunia Games, MyTelkomsel, dan e-commerce.

Untuk memastikan agar pelanggan dapat selalu menikmati pelayanan yang prima, Telkomsel memastikan ketersediaan akses produk dan layanan terdepan di seluruh saluran layanan pelanggan akan tetap terjaga, baik secara online maupun offline.

Seluruh saluran customer care Telkomsel mulai dari call center 188 serta layanan online melalui akun resmi media sosial asisten virtual di berbagai instant messaging platform terkemuka dan GraPARI Online siap beroperasi 24 jam melayani kebutuhan pelanggan.

Selain itu, Telkomsel juga telah menyiagakan 376 GraPARI dan lebih dari 317.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan secara offline (walk-in).

Baca Juga :  Telkomsel Hadirkan NextDev di Manado perkuat Fundamental "Startup"

Berbagi Kasih Tanpa Batas melalui Program Corporate Social Responsibility Telkomsel

Telkomsel juga menggulirkan inisiatif Roadshow Telkomsel Siaga Natal 2022 untuk berbagi kasih tanpa batas bersama yatim piatu dari panti asuhan dan lansia dari panti jompo yang berada di kota Ambon, Solo, Medan, dan Bogor.

Untuk melengkapi kebahagiaan mereka, Telkomsel akan mengambil peran menjadi keluarga mereka selama satu hari dan menghadirkan beragam aktivitas bersama, mulai dari permainan dan keriaan khas perayaan Natal, edukasi InternetBAIK (Bertanggungjawab, Aman, Inspiratif, Kreatif), hingga berbagi hadiah dan nonton bareng film Natal.

Pada momen yang sama, di tiap panti asuhan, panti jompo, dan gereja yang menjadi lokasi roadshow, Telkomsel menyerahkan paket bantuan kebutuhan atau renovasi fasilitas umum dan internet rumah serba digital Telkomsel Orbit.

Pada momentum Telkomsel Siaga Natal 2022 tersebut, Telkomsel membagikan 270 paket dana pendidikan bagi pelajar berprestasi, 270 paket alat bantu bagi kalangan disabilitas, 270 paket dana usaha bagi pedagang kecil dan UMKM, 270 paket dana santunan bagi panti asuhan, panti jompo, dan gereja, hingga 2.700 paket sembako bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kesiapan Momen Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (NARU) Telkomsel Regional Sulawesi

Di kesempatan lainnya, General Manager Network Deployment and Control Pamasuka Saptono menjelaskan, di wilayah Regional  Sulawesi yang terdapat  34  Point of Interest (POI) yang tersebar  di 6 wilayah Branch dan di 30  kota.

“Ada pun  34  POI Untuk tersebut terdiri  dari beberapa kategori diantaranya POI perumahan, special area/mall, tempat wisata, airport atau pelabuhan,” kata Saptono.

Untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran pelanggan dalam beraktivitas digital selama periode NARU, Telkomsel Regional Sulawesi melakukan penambahan 30 New BTS 4G  serta   menyiagakan 4 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) yang berlokasi  di Hutans Pinus Malino, Megamas Manado, Kolam Makale Rantepao dan Karaton Luwuk .

Selain Combat, Telkomsel menyiagakan 2  iMacro  yang di tempatkan di Tanjung Bira  dan Kolam Makale Rantepao.

Selain itu optimalisasi jaringan berupa drive test dan rehearsal test juga dilakukan untuk memastikan semua jaringan bisa terjaga dan termonitor dengan baik.

Saat puncak NARU, payload (traffic penggunaan data) diprediksi mengalami kenaikan sebesar 18,4  persen dibandingkan hari biasa dan naik sebesar 20,8 persen dibandingkan periode NARU di tahun lalu.

Sementara itu voice traffic (penggunaan telepon) mengalami penurunan 1,21 persen.(*/sir)

Postingan lainnya