Suara Pembaharu
Pendidikan

Healing UP, Karya Mahasiswa Universitas Pertamina untuk Korban Perundungan

Suara Pembaharu – Dilansir melalui Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) setidaknya terdapat 480 aduan anak yang menjadi korban bullying disekolah.

Tingginya tingkat korban bullying pada anak membuat Dosen Ilmu Komputer Universitas Pertamina (UPER) Intan Oktafiani, S.Kom., M.T., bersama Tim Gabungan Lintas Program Studi Ilmu Komputer dan Komunikasi UPER berinovasi menciptakan aplikasi untuk mengurangi trauma perundungan bagi anak remaja.

Aplikasi berbasis android yang beri nama ‘Healing UP’ ini dapat diunduh secara gratis dan diakses melalui smartphone. Selain menghadirkan fitur terapi, aplikasi ini juga memungkinkan para penyintas perundungan untuk  melakukan konsultasi dengan para ahli.

Healing UP menggunakan model terapi bermain atau play therapy, dengan lima menu untuk membantu menyembuhkan trauma yang dialami oleh anak dan remaja penyintas perundungan.

Selain game spin, aplikasi Healing UP juga menyediakan menu quiz berisi pertanyaan tematik yang dapat dijawab oleh pengguna.

Dengan sistem kerja aplikasi menggunakan metode terapi bermain atau play therapy, aplikasi Healing UP telah berhasil memperoleh Hak Cipta dari Kemenkumham pada 15 Desember 2021.(sir)

Baca Juga :  Pertama di Sulut, MIN 2 Manado Terapkan 'Madrasah Ramah Anak'

Postingan lainnya