Suara Pembaharu
Advetorial

Gantikan Gumolung, Nabsar Badoa Jabat Wakil Ketua DPRD Bitung

Bitung – Nabsar Badoa resmi menjabat pimpinan DPRD Bitung menemani Aldo Nova Ratungalo dan Keegan Kojoh. Politisi Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) tersebut menggantikan koleganya Boy Gumolung.

Pengangkatan Nabsar sebagai Wakil Ketua DPRD Bitung berlangsung Senin (31/10/2022) dalam rapat Paripurna. Ia dilantik dan diambil sumpah oleh Rahmat Sanjaya selaku Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bitung, di Ruang Rapat Paripurna DPRD setempat.

Nabsar dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulawesi Utara Nomor 349 Tahun 2022. SK itu terbit setelah melalui proses yang cukup panjang sejak 2021 lalu. Selain SK dimaksud, ada juga SK lain yang berkaitan dengan agenda itu, yakni SK Gubernur Sulawesi Utara Nomor 346 Tahun 2022, tentang pemberhentian Boy Gumolung dari jabatan Wakil Ketua DPRD Bitung.

Pelantikan Nabsar dilaksanakan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Bitung Aldo Nova Ratungalo. Selain Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Maurits Mantiri dan Hengky Honandar, agenda itu juga dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, jajaran Pemkot Bitung, serta tentunya anggota DPRD Bitung.

Nabsar dalam keterangan pers usai dilantik menyampaikan komitmennya. Sebagai salah satu pimpinan di lembaga legislasi, ia memastikan akan berupaya semaksimal mungkin menjalankan tugas dengan baik dan sesuai ketentuan.

“Sebagai pimpinan DPRD, sebagaimana apa yang disampaikan (tadi) oleh Walikota, bahwa kita harus bersinergi untuk membangun Kota Bitung ini, saya pikir itu adalah merupakan kaidah-kaidah yang harus saya jalankan selama menjadi pimpinan Dewan. Itu yang menjadi komitmen saya menjalankan tanggung jawab ini,” tuturnya.

Nabsar yang dikenal vokal menyuarakan aspirasi rakyat memastikan dirinya akan tetap seperti itu. Ia berjanji akan terus konsisten menjalankan amanah dan kepercayaan dari masyarakat. Baginya, menjadi pimpinan DPRD Bitung tidak akan mengubah komitmennya terhadap rakyat.

Baca Juga :  Fraksi Golkar Tolak Perubahan Perda IMB ke PBG

Lebih lanjut, pengusaha di bidang perikanan ini memastikan internal partainya tidak bergejolak buntut pergantian pimpinan DPRD Bitung. Ia menegaskan hubungan dirinya dengan Boy Gumolung baik-baik saja.

“Tidak ada masalah, ini hanya menjalankan amanat partai saja. Pak Boy tetap anggota DPRD Bitung, dan beliau akan bertugas di Komisi I serta di Badan Anggaran,” katanya.

Nabsar sendiri usai pelantikan mendapat ucapan selamat dari semua yang hadir. Walikota Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar juga tak mau ketinggalan. Keduanya sekaligus menyampaikan optimisme mereka atas kapasitas Nabsar sebagai pimpinan DPRD Bitung.

“Kami yakin Pak Nabsar akan mampu menjalankan tugas yang baru sebagaimana kiprah beliau selama ini. Untuk itu kami ucapkan selamat bertugas dan selamat berkarya, dan mari kita bersinergi membangun daerah demi kepentingan bersama,” ucap Maurits.

Ucapan terima kasih juga ditujukan Maurits dan Hengky kepada Boy Gumolung. Ucapan itu ditujukan atas dedikasi dan pengabdian yang bersangkutan selama menjabat Wakil Ketua DPRD Bitung. Keduanya pun percaya Boy akan tetap memberikan hal yang sama dalam kapasitasnya saat ini.

Nabsar sebelum ini sudah berstatus sebagai wakil rakyat di DPRD Bitung. Ia tercatat pernah bertugas di Komisi II sebelum akhirnya pindah ke Komisi I. Ketua DPK PKP Bitung ini sudah dua periode menjadi penghuni Gedung Kerucut, sebutan untuk Kantor DPRD Bitung.

(YaserBaginda)

Postingan lainnya