Suara Pembaharu
Pendidikan

Gelar Rakor Pengawas Madrasah dan PAI se-Sulut, Anwar Abubakar: Maqom Pengawas Lebih Tinggi dari Guru

Suara Pembaharu – Rapat Koordinasi (Rakor) hendaknya melahirkan rekomendasi-rekomendasi untuk kemajuan pendidikan di Madrasah-madrasah, sehingga pendidikan di Sulawesi Utara dapat bekembang dengan baik.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Utara Hi. Anwar Abubakar, dalam sambutannya pada acara pembukaan Rakor Pengawas Madrasah dan PAI se Sulut, Kamis (22/9/2022) di NDC Hotel Manado.

Kakanwil mengingatkan, pengawas pendidikan merupakan jabatan fungsional tertentu yang ada di Kementerian Agama. Selain itu, kata dia, pengawas itu juga gurunya guru.

“Sehingga pengawas harus memiliki ilmu yang lebih tinggi dari guru. Maqomnya pengawas harus lebih tinggi,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Anwar, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Sulut di bawah komando Ahmad Sholeh.

Dalam kegiatan yang diikuti 39 pengawas itu, Dia menjelaskan, saat ini ada tujuh program prioritas pemerintah, diantaranya kata dia, transformasi digital.

“Transformasi digital ini berkembang pesat, sehingga sulit dikendalikan. Sisteminformasi salah satunya berbasis elektronik di Kemenag. Oleh karena perkembangannya pesat, sehingga kita perlu kendalikan, “jelasnya sembari memberi tantangan kepada pengawas madrasah bahwa perlu ada aplikasi yang harus dikuasai dalam melaksankan tugas dan fungsinya selaku supervisor.

Hadir dalam kegiatan itu Kabid Pendis Kanwil Kemenag Sulut Ahmad Shaleh, Subkoor PAI Mustari Masloman, Subkoor GTK, Ramlah Abbas, dan Subkoor Pontren Ramli Makatungkang.(sir)

Baca Juga :  Berikut Daftar Lengkap Enam Pejabat yang Bergeser di Kanwil Kemenag Sulut

Postingan lainnya