Suara Pembaharu
Politik

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Bitung Buka Seleksi Panwaslu Kecamatan

Sammy Rumambi Pastikan Bakal Berjalan Transparan

Bitung – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bitung, mulai membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwaslu) untuk 8 kecamatan.

Bahkan sistem yang digunakan saat ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT) karena hasilnya langsung diketahui, bahkan Bawaslu Bitung menjamin sistem tes panwaslu transparan.

Ketua Bawaslu Kota Bitung, Deiby Londok melalui Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Sammy Joseph Rumamby mengatakan, penerimaan berkas sudah dibuka hari ini.

“Penerimaan berkas kita mulai hari ini tanggal 21 sampai 27 September,” katanya, Rabu (21/09/2022).

Untuk penerimaan berkas, jelas Sammy, pendaftar bisa melakukannya lewat datang langsung ke Sekretariat Bawaslu Kota Bitung, Email, maupun lewat Pos.

Adapun persyaratan umum untuk pendaftar, yakni, tamat SMA/sederajat, usia minimal 25 tahun saat mendaftar, tidak menjadi pengurus Parpol, tidak menjadi anggota Parpol selama lima tahun, apabila yang sedang bekerja harus mendapatkan izin atasan dibuktikan dengan surat.

“Pengumuman kelengkapan administrasi akan dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2022,” katanya.

Bagi yang dinyatakan lengkap administrasi, akan diikutsertakan tes tertulis yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2022.

Pelaksanaan tes tertulis kali ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Pada saat tes tertulis akan menggunakan sistem gugur. Dimana, hanya ada enam peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes wawancara. Jadi dijamin penerimaan panwaslu kecamatan pasti transparan,” lanjutnya.

Setelah mendapatkan hasilnya, maka Bawaslu Kota Bitung mengumumkan tiga anggota Panwaslu 8 kecamatan pada 25 Oktober 2022 mendatang.

“Kita berharap pendaftar Panwaslu kecamatan banyak, sehingga kami bisa memilih mana yang terbaik. Serta pelaksanaan Pemilu 2024 di kota Bitung berjalan dengan baik dan lancar,” tukas Sammy.

Baca Juga :  PILKADA BITUNG - Hari Ini 85 Calon Panwascam Tes Tertulis

(YaserBaginda)

Postingan lainnya