Suara Pembaharu
Advetorial

Bitung Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi

Bitung – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah berakhir. Kota Bitung sebagai tuan rumah meraih kesuksesan ganda dalam ajang tersebut.

Penutupan MTQ tingkat Provinsi Sulut dilaksanakan Minggu (19/6/2022) malam. Kegiatan itu berlangsung sejak 13 Juni 2022 lalu di Stadion Duasudara, Manembo-nembo, Kecamatan Matuari, Bitung. Penutupan dipimpin oleh Praseno Hadi selaku Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulut.

Bitung sebagai tuan rumah menorehkan prestasi ganda di iven itu. Selain sukses dari sisi penyelenggaraan, sukses dalam hal prestasi juga berhasil diwujudkan. Untuk kali pertama sepanjang sejarah kafilah atau kontingen dari Kota Cakalang menjadi juara umum MTQ tingkat provinsi.

“Syukur Alhamdulillah, bisa terlaksana dengan baik,” ujar Merianti Dumbela selaku Ketua Panitia MTQ ke-29 tingkat Provinsi Sulut, terkait keberhasilan menyelenggarakan iven keagamaan dimaksud.

Pendapat serupa perihal kesuksesan penyelenggaraan juga datang dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut, KH Abd Wahab Abdul Gafur. Pendapat itu ia sampaikan saat membacakan hasil perlombaan MTQ.

“MTQ ke-29 tingkat Provinsi Sulut ini berlangsung dengan baik dan lancar. Terima kasih kepada Pemprov Sulut dan Pemkot Bitung yang sudah mendukung penuh pelaksanaan ini,” tuturnya.

Adapun kesuksesan Bitung di sisi prestasi tak lepas dari capaian para qoriah yang tampil gemilang. Para pelantun ayat suci Al Qur’an itu mendominasi pemenang lomba. Dari delapan perlombaan di setiap kategori qoriah asal Bitung banyak meraih hasil positif.

“Juara umum dengan nilai 63 jatuh ke Kafilah Kota Bitung,” ucap KH Abd Wahab Abdul Gafur yang juga Ketua Dewan Hakim MTQ ke-29 tingkat Provinsi Sulut, saat mengumumkan hasil lomba.

Sementara itu, terkait pelaksanaan MTQ tingkat provinsi, Penjabat Sekretaris Daerah Bitung Ruddy Theno menyampaikan terima kasih. Mewakili Walikota dan Wakil Walikota saat penutupan, ia menyatakan keberhasilan didapat atas kerjasama dari semua pihak.

Baca Juga :  Bawaslu Bitung Nyatakan Siap Layani Pengaduan Sengketa Lewat SIPS

“Ini pesan Pak Walikota dan Wakil Walikota. Terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dan membantu pelaksanaan MTQ ini. Baik itu jajaran panitia, Kantor Kementerian Agama, MUI, LPTQ, BKSAUA, FKUB, Forkopimda, dan juga jajaran TNI/Polri, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya. Suksesnya MTQ itu adalah sukses bersama kita semua,” katanya saat membawakan sambutan di acara penutupan.

(Advetorial)

Postingan lainnya