Suara Pembaharu
Kota Bitung

Menteri Agraria dan Tata Ruang BPN Pastikan Bakal Luncurkan Program PTSL

Bitung – Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar didampingi Kepala ATR/BPN Bitung Henro Robertus Motulo mengikuti zoom meeting sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2022, Kamis (27/01/2022).

Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI Sofyan A. Djalil, dan diikuti oleh Gubernur, Walikota/Bupati se-Indonesia.

Pada kesempatan itu juga, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI Sofyan A. Djalil menegaskan, pembahasan terkait PTSL sebagai salah satu program strategis. Selain itu, kata dia, program adalah dalam rangka mengoptimalkan target kegiatan. Maka dari itu perlu adanya persamaan persepsi semua pemangku kepentingan termasuk pemerintah daerah.

“Lambannya proses pembuatan sertipikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian pemerintah. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran PTSL,” tegasnya.

Nantinya PTSL ini, kata dia, awal proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan melalui program ini.

“Intinya pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat,” pungkasnya.

(YaserBaginda)

Baca Juga :  Pemkot Resmikan Pembangunan RSUD Pratama Bitung

Postingan lainnya