Suara Pembaharu
Politik

Saling – Silang Formasi AKD

Bitung– Pembahasan pembentukan komisi dan alat kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Kota Bitung yang dijadwalkan bakal di bentuk awal Februari depan, diprediksi bakal alot.

Sejumlah partai-partai besar seperti, PDI Perjuangan, NasDem, dan PKP yang memiliki kursi signifikan di gedung ‘kerucut’ itu mulai pasang ‘kuda-kuda’ menghadapi rolling pimpinan dua setengah tahunan ini.

Saling – silang formasi perwakilan masyarakat ini sulit terhindarkan. Alasanya, selain adanya pergeseran kepemimpinan pasca Pilkada 2020 lalu, egosentris anggota DPRD yang tak mendapat kesempatan masuk dalam struktur AKD, bakal melakukan manuver politik menduduki posisi strategis itu.

Kabar teranyar, PDI Perjuangan menyasar pimpinan komisi I yang diduduki oleh NasDem yakni, Youndries Kasil.

Meski begitu kabar itu ditampik oleh ketua Fraksi PDI Perjuangan Gerladi Mantiri. Menurut Gerladi, saat ini komunikasi politik masih terus dilakukan sambil menunggu arahan Ketua DPC PDI Perjuangan.

“Komunikasi politik masih dinamis. Jika ditanya soal menyasar komisi I, itu adalah keputusan Ketua DPC,” katanya sembari menjelaskan, PDI Perjuangan punya kejutan di AKD.

Politisi partai berslogan semangat gotong royong ini juga mengakui, jika posisi AKD sangat berpengaruh dalam struktur DPRD. Apalagi, katanya, PDI Perjuangan terus menjaga komitmen untuk terus menjadi garda paling depan menyuarakan aspirasi masyarakat di ruang parlemen.

“Beranjak dari motivasi tersebut, PDI Perjuangan tidak terburu-buru menempatkan kader di pimpinan komisi,” ungkap Geraldi.

Berbeda dengan PDI-P, partai NasDem terang-terangan menargetkan pimpinan komisi. Hal itu ditegaskan Sekretaris DPD Partai NasDem Ramlan Ifran kepada media ini, Selasa (18/01/2022).

Ramlan menuturkan, telah menjalin kominikasi politik secara intens dengan teman-teman anggota DPRD.

“Untuk menentukan komisi berapa, saya belum bisa tentukan saat ini. Tapi, intinya target NasDem masuk dalam pimpinan komisi,” singkatnya.

Baca Juga :  Hasil Pleno KPU, MJL-MDT Kalah Telak

Sementara itu, Ketua DPK Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Kota Bitung Nabsar Bado’a belum bisa memberikan keterangan lebih soal persiapan AKD nanti. Selain masih terpontang-panting dengan dugaan kasus penyalagunaan wewenang yang di periksa Kejaksaan beberapa waktu lalu, politisi yang biasa disapa ‘kawan’ ini belum menjadwalkan rapat partai dan fraksi.

“Kawan kita belum bisa memberikan keterangan lebih. Karena itu rananya partai dan fraksi,” pungkasnya.

(YaserBaginda)

Postingan lainnya