Suara Pembaharu
Pemerintahan

Terkesan Menghamburkan Uang Rakyat, Ketua Umum GPI Sorot Kegiatan Bimtek Sekertariat DPRD Provinsi Gorontalo

SUARAPEMBAHARU — Dimasa pandemi, seharusnya pemerintah dalam hal ini lebih bijak dalam menggunakan anggaran. Anggaran tersebut lebih berguna untuk membantu masyarakat ditengah pandemi.

Seperti yang dilakukan sekertariat DPRD Provinsi Gorontalo baru-baru ini. Mereka melaksanakan kegiatan Bimtek di salah satu Hotel Bintang 5 yang ada di kota Manado dengan 51 peserta pada tanggal 27 sampai 30 oktober 2021.

Menurut Sekertaris Dewan Provinsi Gorontalo Mitran Tuna mengatakan, kegiatan Bimtek ini sangat penting dilakukan.

“Dalam lingkungan sekertariat DPRD Provinsi Gorontalo, fungsi fasilitas pada staf sekertariat, pelaksanaan dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi itu, peran mereka (ASN) sangat penting. Karena mereka merencanakan dari sisi administrasi, pelaksanaan dan memfasilitasi. Oleh karena itu mereka perlu pembekalan. Dan melalui kerja sama Bimtek dengan lembaga Domuse politik Indonesia Manado, berjalan dengan baik,”Ucap Tuna saat ditemui di salah satu hotel berbintang di Manado.

hal itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Islam (GPI) Rahmat Himran yang merupakan putra asli tanah Gorontalo mengatakan, kegiatan ini jelas menghamburkan uang rakyat.

Terlihat jelas kegiatan tersebut di uang rakyat, terkesan menghambur – hamburkan anggaran, sangat sayangkan, apalagi masih dalam situasi pandemi dimana – mana, pemerintah telah melakukan langkah-langkah pemangkasan anggaran (refocusing), tetapi ada instansi pemerintah yang melaksanakan kegiatan di luar daerah yang di fasilitasi akomodasi berbintang lima yang biayanya ratusan juta bahkan lebih, padahal banyak fasilitas dalam di gorontalo yang mencukupi,”Tegas Rahmat.

Diapun menambahkan, Sekertaris Dewan sebagai pengguna anggaran, dapat mempertimbangkan pemakaian anggaran di masa pandemi ini.

“Sebagai pengguna anggaran, dalam hal ini Sekretaris deprov Gorontalo Mitran Tuna kiranya lebih mempertimbangkan langkah-langkah atau program dalam menggunakan anggaran di situasi pandemi sekarang ini,” Tambahnya.

Baca Juga :  Kunjungi PD Pasar Manado, Direksi PD Pasar Tomohon Akui Hebat

Diapun meminta, Gubernur Gorontalo dapat melakukan evaluasi untuk SKPD-SKPD dalam pengalokasian anggaran agar tepat sasaran.

“Saya berharap pemprov Gorontalo dalam hal ini Gubernur melakukan evaluasi untuk instansi atau SKPD – SKPD dalam pengalokasian anggaran agar tepat sasaran, mengingat APBD yang anjlok dan situasi serba sulit akibat bencana non alam wabah virus korona yang masih melanda,”tutupnya. (Laks)

Postingan lainnya