Suara Pembaharu
Kota Manado

BPS: Untuk Sementara Penduduk Sulut Tercatat 1,06 Persen Lewat SP2020 Online

Manado – Sejak dideklarasikan 15 Februari 2020, jumlah penduduk yang berhasil dicatat lewat Sensus Penduduk Online telah mencapai 1.06 persen khususnya di Sulawesi Utara per tanggal 21 Februari 2020.

Hal itu dikatakan Kepala BPS Sulut, Ateng Hartono saat menggelar forum wartawan Sensus Penduduk 2020 di Kantor BPS Sulut, Jumat (21/2/2020).

Dari 1.06 persen, kata Ateng, pihaknya masih akan terus meningkatkan sosialisasi terhadap masyarakat.

Ateng menuturkan, BPS Sulut sudah melakukan langkah-langkah kongkrit di 15 Kabupaten/Kota di Sulut.

“Selain di instansi 15 Kabupaten/Kota, BPS Sulut juga telah membuka corner di beberapa tempat perbelanjaan, seperti Mega Mall Manado, Mantos dan dibeberapa Sueprmarket di Kota Manado,” kata Ateng, sapaan akrab Kepala BPS Sulut.

Lebih lanjut, Ateng mengaku, pihaknya gencar melakukan sosialisasi tentang sensus penduduk 2020. Kami juga kata Ateng, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi (Gubernur-Wakil Gubernur), Walikota dan Bupati se-Sulut.

“Selain mendapat dukungan dari Pemerintah, kami juga mendapat dukungan dari berbagai lapisan elemen masyarakat yakni Tokoh Agama dan Mahasiswa,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan, Pencacatan Sipil dan KB Sulut, dr. Bahagia Mokoagouw yang juga selaku pembicara turut memberikan apresiasi serta dukungan dilaksanakannya SP2020 online ini.

dr. Bahagia mengatakan, dikatakannya Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandou sudah menginstruksikan seluruh OPD Sulut agar kooperatif dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

“Karna indikator SP2020 mencakup semua elemen,” ujar dr. Bahagia.

Ia juga mengatakan, kuncinya suksesnya Sensus Penduduk 2020 yang sedang berlangsung maksimal, menjangkau seluas mungkin dan akurat.

“Sehingga dia berharap, data kependudukan dapat terintegrasi dan akurat. Sehingga tidak ada lagi data keliru, ganda atau tidak valid. Oleh karna itu, kami sangat mendukung apa yang sedang dilaksanakan oleh BPS,” jelasnya.

Baca Juga :  Terkait Pengurus BTM Baitul Khoir GPI, PTUN Makassar Batalkan Putusan KUA Mapanget

Lebih jauh, dr. Bahagia mengatakan, Sensus Penduduk 2020 ini tujuannya untuk mewujudkan satu data Indonesia yang akurat.

Untuk diketahui, BPS Sulut juga menyediakan media agar masyarakat dengan mudah memasukan keluhan ataupun pertanyaan mengenai SP2020 ini dengan menghubungi Nomor WhatsApp 081299052020.
(datsir)

Postingan lainnya