Suara Pembaharu
Pendidikan

Penyusunan Soal UAM-UAS MI Resmi Dibuka

Manado – Workshop penyusunan soal UAM-UAS MI yang dilaksanakan Kelompok Kerja Madrasah Ibtidoiyah (KKMI) se Kota Manado, Sabtu (8/2) resmk dibuka Kepala Seksi Pendidikan Islam Kementerian Kota Manado, Usran Mantow di Aula MAN Model 1 Manado.

Dalam sambutannya, Usran Mantow mengingatkan kepada semua peserta, agar dalam penyusunan soal memaksimalkan waktu yang sudah disiapkan.

“Selain itu, ia menyampaikan dalam penyusunan soal ini, agar disiapkan pakta integritas bagi para penyusun soal,” ujar Mantow.

Mantow juga mengapresiasi langkah yang dari Kelompok Kerja Madrasah Ibtidoiyah (KKMI) se-Kota Manado atas inisiatif yang dilakukan dalam menhadapi Ujian Madrasah semakin dekat.

“Inovasi yang dilakukan oleh Kepala MIN 1 dan Kepala MIN 2 sangat penting dan strategis yang bertujuan untuk penyusunan naskah soal UAM-UAS MI Madrasah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua K3MI Kota Manado yang juga selaku penggagas, Siti Zuchro mengatakan, inisiatif penyusunan naskah soal ini merupakan rangkaian untuk mengantisipasi keterlambatan waktu karena agenda Ujian Madrasah semakin dekat.

“Ini merupakan inisiatif yang tujuaannya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi keterlambatan,” kata Zuchro.

Pada tahun kemarin jelas Zuchro, penyusunan soal UAM-UAS MI, 75 persen dilakukan oleh guru tim KKG MI dan 25 persennya dari pusat. Tapi regulasinya telah berubah, semua telah diserahkan sepenuhnya kepada guru untuk melakukan penyusunannya.

“Jika penyusunan terjadi permasalahan, maka harus dikoordinasikan oleh KKG Kota Manado secara berjenjang hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Sedangkan soal yang telah disusun nantinya akan didistribusikan kepada seluruh MI di Kota Manado untuk diujiankan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala MIN 2 Manado, Anis Toma menambahkan, pelaksanaan UAM-UAS MI Madrasah akan dilaksanakan secara serentak di Provinsi Sulawesi Utara sesuai dengan jadwal yang disampaikan oleh pihak Direkrorat Madrasah hingga sampai ke Kabupen/Kota.

Baca Juga :  Pertama di Sulut, MIN 2 Manado Terapkan 'Madrasah Ramah Anak'

“Saya kira workshop ini sangat penting guna pemantapan penyusunan soal-soal,” kata Anis.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai hari ini Sabtu hingga besok 9 Februari 2020. Ini juga melibatkan seluruh Kepala Madrasah dan guru bidang studi di MI Negeri maupun Swasta se-Kota Manado,” tutupnya.

Pantauan Suarapembaharu.com, dalam penyusunan naskah soal UAM-UAS MI Madrasah juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas Pengawasan Naskah Soal.

Naskah soal dipersiapkan untuk mata pelajaran Akidah Akhlak, Bahasa Arab, IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, dan PKN. Soal tersebut juga akan dibagikan kepada Madrasah di kota Manado.
(tsir)

Postingan lainnya