Suara Pembaharu
Pemkab Sangihe

Wakajati Sulut Lakukan Kungker ke Sangihe   

Tatap muka wakajati sulut dengan pemerintah daerah kabupaten kepulauan sangihe

Sangihe, Suarapembaharu.com — Wakil Kepala  Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulawesi Utara (Sulut) Albina Dita Prawitaningsih SH MH mengunjungi Kabupaten Kepulauan Sangihe, sekaligus melakukan tatap muka dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe, rabu (05/02/2020).

Pertemuan wakil kepala kejaksaan tinggi sulawesi utara ini di lakukan diruang serbaguna rumah jabatan Bupati, sekitar pukul 13.00 Wita, adapun tema yang di ambil dalam kegiatan Sosialisasi tersebut yaitu Tugas dan Fungsi Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun).

Turut hadir Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME, Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong SE, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepulauan Sangihe Yunardi SH MH, Asdatun Kejati Sulut Jurist Preciselly Sitepu SH MH, dan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam pemaparannya, Asdatun Kejati Sulut Jurist Preciselly Sitepu SH MH selaku pemberi materi dalam tatap muka tersebut menjelaskan bahwa adapun fungsi dari pendampingan yang dilakukan Kejaksaan yakni pada saat melakukan perencanaan dan pelaksanaan proyek yang dilakukan pemerintah daerah.

“Untuk pendampingan tersebut yakni proyek prioritas daerah, Juga melaksanakan pelayanan hukum, memberikan pendampingan hukum kepada masyarakat, apakah melalui SMS ataupun Whats Ap”, kata asdatun.

Lanjut disampaikannya pula,bahwa fungsi dari kejaksaan adalah bertugas sebagai mediator atau fasilisator antar sengketa,dia juga mengingatkan agar berhati hati dalam membuat kontrak,untuk administrasinya sebanyak 5 persen dari jumlah kontrak.

“Sebelum dokumen tersebut di setujui perlu dilakukan pendampingan,karena Ada fungsi pelayanan hukum, dan ada juga pendampingan hukum, untuk proyek dilaksanakan adalah proyek prioritas.Untuk pelaksanaan fisik di lapangan harus sesuai dengan kontrak,” tutupnya. (enal)

Baca Juga :  Realisasi BLT di kepulauan Sangihe Terbaik se Sulut

Postingan lainnya