Suara Pembaharu
Pemkab Sangihe

Kepala BPBD Sangihe : Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi 

Kepala BPBD Sangihe Ir.Rivo Pudihang

Sangihe, Suarapembaharu.com — Kondisi cuaca buruk kembali terjadi di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan sekitarnya, yakni hujan disertai angin kencang dan gelombang laut.
Demikian yang disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Ir Rivo Pudihang, yakni setelah di lakukannya koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap perkiraan cuaca buruk untuk beberapa ke depan,dimana hasil dari koordinaai tersbut agar bisa disampaikan kepada publik atau masyarakat.

“Untuk peringatan adanya tinggi gelombang pada tanggal 3 sampai dengan 4 Februari 2020, yaitu akan terjadinya tinggi gelombang mulai dari 1,25 – 1,5 meter (moderate) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian barat dan tengah, perairan utara Sulawesi, dan perairan Selatan Sulawesi Utara (Sulut). Untuk tinggi gelombang 2,5-4,0 meter (rough) berpeluang terjadi di Laut Maluku, Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Kepulauan Talaud, dan perairan Bitung-Likupang,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, juga peringatan dari BMKG, diharapkan diperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, diantaranya perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter), dan ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter),” lanjut dia.

Pula ditambahkannya, agar masyarakat dan kapal-kapal yang akan melakukan aktifitas di daerah yang tercantum dalam daftar peringatan dini di atas,agar berharap bisa berhati hati dalam melkukan aktifitas dan bisa mempertimbangkan kembali dengan adanya penyampaian tentang kondisi tersebut”,tambahnya.(enal)

Baca Juga :  Forkopimcam Marore Gelar Upacara Bendera Dalam Rangka HUT RI KE-76 Secara Sederhana

Postingan lainnya