Suara Pembaharu
Politik

Awas!! Seleksi PPK Rawan Titipan di Bitung

Bitung – Proses rekrutmen calon anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Bitung rawan akan praktik titipan.

Meski begitu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung, Deslie Sumampouw menjamin, rekomendasi dari manapun tidak akan menjadi pertimbangan dalam meloloskan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Sebab KPU Bitung akan berpegang pada regulasi yang berlaku dalam proses rekrutmen.

“Secara aturan tidak ada kaitannya rekrutmen PPK dengan rekomendasi dari ormas apapun. Kami berdiri (melaksanakan,red) di aturan,” tegas Sumampouw, Kamis (23/01/2020).

Menurut dia pendaftaran PPK masih dibuka hingga 24 Januari 2020. Rencananya dari tiap kecamatan akan direkrut lima orang, sehingga secara keseluruhan di Bitung akan ada 40 anggota PPK. Pertimbangan dalam menentukan kelulusan calon anggota PPK, menurut Sumampouw adalah integritas. Hal itu bisa dinilai dari serangkaian uji berkas maupun interview.

“Kalau sampai tahap interview, nantinya bisa diketahui integritasnya. Tentu itu setelah lolos seleksi berkas, lolos CAT dan tahapan lain,” terangnya.

Meski begitu, dia mengatakan syarat-syarat lain, yang sudah menjadi standar dalam penerimaan PPK juga ditentukan dengan aturan. Ia mencontohkan PPK yang sudah dua periode tak bisa mendaftar lagi dan calon PPK harus berdomisili di wilayah kecamatan setempat dibuktikan dengan E-KTP.

“Semua ini pagarnya aturan. Jadi tidak ada pengaruh dari berbagai unsur. Kami melaksanakan aturan,” tegasnya.

(YaserBaginda)

Baca Juga :  KPU Bitung Gelar Seleksi Tertulis Calon Anggota PPK

Postingan lainnya