Suara Pembaharu
Kota Manado

Basarnas Manado Siagakan Personel di ‘Siaga SAR Nataru’

Minut – Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado menggelar apel siaga SAR, Rabu (18/12/2019).

Apel siaga SAR dipimpin langsung Kepala Kantor Basarnas Manado, Gede Darmada yang diikuti puluhan personel Basarnas Manado.

Kepala Basarnas Manado, Gede Darmada mengatakan, apel siaga SAR khusus Nataru ini akan dimulai dari tanggal 18 Desember hingga 8 Januari 2020 mendatang.

Kata dia, siaga nataru bertujuan untuk melaksanakan pengamanan bagi pemudik hari raya Natal dan tahun baru.

“Kita terjunkan 94 personil yang nantinya di siagakan di wilayah-wilayah strategis mulai dari pelabuhan, bandara serta tempat-tempat wisata yang biasanya ramai saat libur akhir tahun,” kata Darmada.

Dalam apel siaga SAR Nataru, Kakansar Manado juga menekankan beberapa hal kepada petugas agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait, menjaga nama baik, Ikuti prosedur, bekerja secara profesional, sinergi dan militan.

“Selain itu juga, dirinya mengingatkan agar selalu mengutamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat,” ujar Darmada.

“Siaga SAR Nataru harus selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun, baik koordinasi, kesiapan personil, serta peralatan dan keterampilan untuk peningkatan kecepatan waktu tanggap (respon time) jika terjadi kecelakaan dan bencana,” sambungny.(tsir)

Baca Juga :  Tim SAR Selamatkan 6 Nelayan yang Mengalami Mati Mesin di Perairan Pulau Lembeh

Postingan lainnya