Suara Pembaharu
Kota Manado

Perayaan Natal di Sulut Dijaga Ketat

Manado – Polda Sulawesi Utara bersama Pemerintah Provinsi, TNI dan instansi terkait lainnya melaksanakan Rapat Koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan menghadapi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Rakor dilaksanakan di aula Tribrata Mapolda Sulut, Senin (16/12/2019), dipimpin oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Drs. Alex Mandalika.

Dijelaskan Wakapolda, perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 telah memberikan dampak terhadap berbagai aspek masyarakat khususnya di Provinsi Sulawesi Utara yaitu meningkatnya mobilitas masyarakat baik di bidang perdagangan, transportasi dan pembangunan serta pelayanan jasa.

“Hal ini tentunya dapat menjadi peluang bahkan kesempatan bagi para kriminal untuk melakukan aksi-aksinya dan meningkatnya angka kecelakaan baik melalui transportasi darat, laut serta udara,” ujar Wakapolda dalam sambutan saat membuka Rakor.

Hal lain yang juga patut diperhatikan menurut Wakapolda adalah situasi iklim saat ini yang sudah berada pada musim hujan berangin.

“Hal ini juga menimbulkan peluang terjadinya bencana alam banjir, tanah longsor, gelombang tinggi dan musibah lainnya,” katanya.

Menyikapi hal tersebut, Wakapolda mengingatkan bahwa sebagai aparat negara perlu bekerja ekstra dalam menjalankan tugas sehingga perasaan aman dan nyaman dalam perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 boleh dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara.

Wakapolda menegaskan bahwa tujuan rapat koordinasi ini untuk menilik kembali kerja sama antara Polri, Pemda, TNI dan instansi terkait lainnya di wilayah Sulawesi Utara.

Rakor juga bertujuan mengecek kesiapan masing-masing instansi dalam menghadapi situasi jelang, pada saat dan pasca Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, serta meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi berbagai perkembangan situasi kamtibmas yang sewaktu-waktu dapat berubah.

“Melalui kegiatan rapat koordinasi ini, diharapkan kita juga dapat memberikan pelayanan yang profesional dan proporsional baik secara tupoksi masing-masing maupun secara terpadu antara instansi kepada masyarakat,” tegas Wakapolda.

Baca Juga :  BP2MI dan Pemprov Sulut Teken MoU Perlindungan Pekerja Migran

Kapolda melalui Wakapolda berharap, keterpaduan dan kebersamaan yang terwujud dalam kegiatan rapat koordinasi ini dapat bermanfaat dan diimplementasikan dalam setiap kegiatan yang dihadapi, khususnya dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat untuk menjamin terselenggaranya setiap even masyarakat dengan tertib dan lancar.

Rakor ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sulut, perwakilan Kodam XIII/Merdeka dan perwakilan Forkopimda Sulut lainnya, para tokoh agama dan para pimpinan instansi terkait, pejabat utama Polda Sulut dan para Kapolres/ta jajaran.

(***/Tsir)

Postingan lainnya