Suara Pembaharu
Kota Bitung

Festival Kuala Tulap 2 dan Suguhan Teatrikal Anak-anak Sekolah Sungai

Bitung – Ada yang menarik yang bakal ditampilkan panitia Festival Kuala Tulap 2 tanggal 01 dan 02 Oktober 2019 nanti selain sejumlah hiburan dan perlombaan tradisional.

Suguhan teatrikal adalah hal baru dan unik bakal ikut memeriahkan iven yang bakal digelar di Riverside Camp Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Matuari.

“Baru dan unik karena selain kegiatan lainnya, teatrikal baru kali ini kami tampilkan dari berbagai agenda acara lainnya,” kata salah satu panitia Festival Kuala Tulap 2, Wesly Tamasiro, Jumat (25/10/2019).

Uniknya kata Wesly, para pemain yang akan mengambil peran dalam teatrikal adalah anak-anak Sekolah Sungai yang notabene baru kali pertama tampil atau belum pernah menggeluti dunia teater.

“Semuanya masih awan soal teater tapi berkat bimbingan Billy Ladi yang rutin melatih dan memberikan arahan setiap hari, para pemain tidak kalah dengan pemain teater sungguhan,” katanya.

Billy sendiri saat ditemui mengaku memiliki tantangan tersendiri untuk menghadirkan seni teater dalam Festival Kuala Tulap 2 dengan pemain yang belum pernah atau baru pertama kali mengenal seni peran itu.

“Sangat menantang dan syukur rekan-rekan Sekolah Sungai Kota Bitung begitu cepat beradaptasi sesuai dengan apa yang diharapkan,” kata Billy.

Alumi FBS Unima juga mengaku, tantangan lainnya adalah musik yang mengiringi pagelaran teatrikal di Festival Kuala Tulap 2 ditampilkan secara live dan menurutnya itu adalah hal tidak lumrah di dunia teatrikal.

“Ini yang gila, karena pada umumnya musik pengiring teatrikal sudah direkam terlebih dahulu dan pemain tinggal menyesuaikan mengikuti rekaman. Tapi, di Festival Kuala Tulap 2 nanti musik tampil secara live dan ini yang pertama kali di dunia teater,” katanya sambil tertawa.

Pun demikian, Billy mengaku optimis pertunjukan teatrikal dengan iringan musik secara live akan sukses dan memukau para pengunjung Festival Kuala Tulap 2 karena berisi dengan pesan-pesan lingkungan.

Baca Juga :  Bayar Tanah Stadion Ditengah Bencana Kesehatan, Pangemanan Beber Hal Ini

“Inti dari teatrikal ini adalah memberikan pesan soal ancaman kerusakan lingkungan yang benar-benar nyata dan bukan hanya sebatas wacana semata yang dikemas dalam seni gerak dan suara,” katanya.

Adapun sejumlah kegiatan yang akan digelar Festival Kuala Tulap 2 adalah;

Sekolah Sungai Generiasi ke-3

Penanaman Bibit Pohon sepanjang pingiran Das (3 KM)

Pelepasan Bibit Ikan di Sungai

Talk Show Perlindungan Sumber Air

Pameran Kue Khas Sulut

Panggung Hiburan

Fun Climbing

Lomba Berteriak (Bakuku, meniru adat masyarakat saat di Kebun)

Lomba Makan Cabe

Lomba Miniatur Perahu di Sungai

Stand Kerajinan Kreatif

Atraksi Tarian Budaya

Lomba Kupas Kelapa

Lomba Cenge-Cenge SD (permainan Rakyat)

Lomba Spel SMP (Permainan rakyat)

Lomba Diving di Sungai

Lomba Memancing

Lomba Perang Bantal

Lomba Valinggir

Pecah Batok Kelapa (Tampurung)

 

Sedangkan untuk acara hiburan penitia akan menghadirkan, Jarank pulang, 2 shaggy, STBY On/Off, Bikola, Maengket, Dolf Rawung, Kabasaran, Sabodam Band, North Band, NK team Amir Standup Comedy dan Popo (solo).

(***/Yaserbaginda)

Postingan lainnya