Suara Pembaharu
Pemkab Talaud

Talaud Rawan Karhutla

Talaud – Plh Bupati Kepulauan Talaud, Adolf Binilang kembali mengimbau kepada masyarakat di Bumi Porodisa untuk mewaspadai bencana di musim kemarau, seperti kebakaran.

“Dimusim kemarau seperti ini, kebakaran hutan, lahan maupun pemukiman sangat rawan terjadi,” ucap Binilang, Senin (16/09/2019).

Karenanya, kata orang nomor satu di Bumi Porodisa ini kewaspadaan terus ditingkatkan, mengingat saat ini musim kemarau.

“Untuk mencegah maupun meminimalisir terjadinya kebakaran, maka kita harusnya waspada. Hal tersebut dapat terwujud lewat kerja sama seluruh elemen masyarakat Talaud untuk bersama-sama menjaga dan menahan diri agar tidak membuka lahan dengan cara membakar,” katanya sembari menambahkan agar warga untuk tidak membakar sampah, karena sisa api ataupun bahan yang mudah terbakar lainnya yang masih menyala akan memicu kobaran api yang lebih besar ketika ditiup angin.

Diketahui baru-baru ini kebakaran lahan terjadi di kebun warga di desa Rainis, Kecamatan Rainis.

Kobaran api menghanguskan tanaman warga seperti cengke, pala dan kelapa. Sebelumnya juga kebakaran terjadi di dua tempat yakni di rumah kos di Kelurahan Melonguane Timur, Kecamatan Melonguane dan Bangunan di Kelurahan Lirung Satu, Kecamatan Lirung.

Akibat kebakaran itu, pemilik rumah kos dan bangunan rumah mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah.

(Ive)

Baca Juga :  Derasnya Air Sungai, Tanggul Desa Musi Kabupaten Talaud Abruk

Postingan lainnya