WARNING! Ada 2000 Lebih Aplikasi Berbahaya di Play Store

WARNING! Ada 2000 Lebih Aplikasi Berbahaya di Play Store
Foto Google Play Store by/MobileSyrup

SuaraPembaharu.com –  Siapa yang tak kenal google play store, salah satu layanan konten digital milik google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, film, aplikasi hingga permainan yang terbilang hampir 70% aplikasinya tak berbayar,

namun tahu kah kamu bahwa lebih dari 2000 aplikasi yang ada dalam google play store terbilang berbahaya.

Sebuah penelitian menemukan ada sekitar 2.040 aplikasi berbahaya di Play Store, dilansir dari GSM Arena, Selasa (25/6/2019).

Menurut laporan University of Sydney dan Data61 dari CSIRO, aplikasi tersebut akan meminta akses perijinan yang mencurigakan serta ada pula yang langsung menanamkan malware di smartphone.

Penelitian ini dilakukan pada 1 jutaan aplikasi di Play Store itu juga menemukan adanya aplikasi palsu yang meminta perijinan yang tidak sesuai, contohnya aplikasi gim terkenal Hill Climb Racing dan Temple Run.

Para peneliti menggunakan jaringan neural dan mesin pembelajaran. Algoritmanya disusun untuk mencari deskripsi teks yang sama dan ikon yang secara visual mirip dengan 10.000 aplikasi paling populer di Play Store. Hasilnya, ditemukan 49.608 potensi virus dan malware.

Sekitar 7.246 aplikasi ditandai sebagai malicious alias berbahaya dan 2.040 diantaranya ditandai sebagai aplikasi palsu dengan resiko bahaya yang tinggi.

Selain itu, terdapat 1.565 yang setidaknya meminta lima izin sensitif dan sebanyak 1.407 menanamkan perpustakaan iklan pihak ketiga.

Tim Google juga telah melaporkan bahwa jumlah pengiriman aplikasi yang ditolak telah meningkat lebih dari 55 persen dibandingkan tahun lalu.

Aplikasi yang ditangguhkan juga diklaim mengalammi peningkatan 66 persen.

Sementara, aplikasi yang telah terdeteksi tersebut sudah dihapus oleh tim Google.

(Haikal).

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: