Tim SAR Selamatkan 6 Nelayan yang Mengalami Mati Mesin di Perairan Pulau Lembeh

Tim SAR Selamatkan 6 Nelayan yang Mengalami Mati Mesin di Perairan Pulau Lembeh

Bitung – Tim Search And Rescue (SAR) Kantor Pencarian dan Pertolongan Badan SAR Nasional (Basarnas) Manado, berhasil menyelamatkan 6 nelayan KM Tarsius yang kerusakan (Bocor) dan mati mesin di sekitar perairan Pulau Lembeh, Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Dari 6 ABK yang berhasil ditemukan, dua diantaranya dalam keadaan meninggal dunia.

Proses pencarian dilakukan oleh Tim SAR gabungan antara lain TNI, Polri, KPLP, BPBD, KSOP, BMKG dan Dinas Kesehatan yang ada di Kota Bitung.

“Tim SAR gabungan melakukan pencarian yang di komandoi Basarnas selaku Lider dalam penanganan musibah kapal bocor dan mati mesin,” kata Kepala Basarnas Manado, Gede Darmada.

“Proses pencarian dan pertolongan ini merupakan simulasi SAR gabungan dalam penanganan kapal bocor dan mati mesin. Jadi ini hanya skenario latihan saja, bahwa Tim SAR selalu siap siaga,” sambungnya.

Menurutnya, simulasi ini guna meningkatkan sinergitas dalam melakukan operasi SAR. Dan ini merupakan rangkaian kegiatan latihan bersama operasi SAR di Bitung yang digelar di Dermaga Satrol.

“Dengan adanya latihan SAR gabungan tentang penanganan musibah nelayan hanyut, kapal mati mesin dan kapal bocor semua instansi terkait terlibat dalam penanganan ini dikarenakan menyangkut jiwa manusia,” ujar Darmada.

Ia menjelaskan, pencarian dan pertolongan merupakan tugas bersama yang yang harus dilaksanakan secara bersama sama. Sehingga mengurangi korban jiwa bisa di tanggulangi.

Sampai saat ini tercatat sudah 18 kali terjadi kecelakaan laut di Sulawesi Utara, sehingga perlu penanganan dan pengawasan khusus seluruh kepada nelayan nelayan yang ingin melaut.

“Latihan SAR bersama dapat saling berkoordinasi setiap instansi dan menjalin ke akraban untuk satu tujuan menyelamatkan jiwa manusia. Karna tugas Basarnas semakin lama semakin berat dan kami akan selalu berkoordinasi setiap instani terkait yang mempunyai kewenangan untuk menyelamatkan jiwa yang membutuhkan pertolongan,” jelas Darmada.(tsir)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: