Tak Mampu Capai Target PAD, DPRD Manado Minta Wali Kota Evaluasi Kinerja Camat

Tak Mampu Capai Target PAD, DPRD Manado Minta Wali Kota Evaluasi Kinerja Camat

Manado – Komisi I DPRD Kota Manado gelar rapat bersama Pemerintahan Kecamatan dalam rangka mempertanyakan capaian target PAD dalam retribusi sampah tahun 2019 Tri Wulan kedua, Senin (01/07/2019).

Dalam laporan Kepala kebersihan pengelolaan kecamatan singkil, Polontalo mengungkapkan untuk Tri Wulan kedua ini baru 210 juta.

“Karena memang banyak hambatan untuk memenuhi target diantaranya perda baru terkait jasa umum. Apalagi minimnya sosialisasi karena terkendala dengan pemilu,” ucap Polontalo.

Sementara itu, Royke Anter menjelaskan, hambatan penagihan retribusi sampah kepada pihak pengusaha beralasan terkendala karena sudah membayar fiskal

“Untuk tempat usaha yang tidak ditagi lagi memang sudah bayar fiskal. Tapi seperti Ruko, tempat usaha yng ditinggali pemilik, itu wajib membayar retribusi sampah rumah tangga. Fiskal hanya untuk tempat usaha yang tidak berpenghuni atau pemilik tidak tinggal disitu,” jelas Anter.

Untuk solusi masalah, kata Anter, yang disampaikan perlu lebih aktif lagi melakukan sosialisasi.

“Dan penting juga memberikan pemahaman kepada masyarakat soal retribusi kebersihan. Saya juga menghimbau kepad masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan wilayah tempat tinggal dan membantu pemerintah meningkatkan PAD melalui retribusi kebersihan,” imbaunya.

Royke Anter juga menegaskan, Walikota Manado harus mengevaluasi pemerintah kecamatan.

“Saya rasa wali kota dan Wakil Wali kota harus lebih tegas lagi dan mengevaluasi kinerja kecamatan, pasalnya targetnya tidak tercapai,” jelas Anter.

(Laks)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: