Tak Bisa Gunakan Hak Pilih, Puluhan Warga Bitung ‘Kepung’ Bawaslu

Tak Bisa Gunakan Hak Pilih, Puluhan Warga Bitung ‘Kepung’ Bawaslu

 

Bitung – Puluhan warga dari berbagai kelurahan mengadu ke Kantor Bawaslu Kota Bitung, Rabu (17/04/2019)

Kedatangan warga tersebut terkait untuk menyampaikan aduan karena tidak bisa menggunkan hak pilih kendati sudah datang ke TPS.

“Jumlahnya sepuluh hingga lima belas orang yang datang mengadu karena tidak diperkenan mencoblos hanya karena tidak membawa c6 atau e-KTP, c5 dan persayaratan lainnya,” Ucap Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Bitung, Zulkifli Densi, Kamis (18/04/2019).

Namun sayangnya kata dia, puluhan warga yang datang dari berbagai kelurahan itu enggan untuk mengisi formolir BB1 agar pihaknya bisa menindaklanjuti aduan yang jelas-jelas bertentangan dengan Surat Edaran Bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia dan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor SS.0870/K.Bawaslu/psu.00.00/4/2019 tentang Penyelenggaraan Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS.

“Mereka tidak mau mengisi BB1 saat kami sodorkan dengan berbagai alasan, padahal formolir itu sangat penting agar bisa kami tindaklanjuti,” katanya.

Pun demikian, pihaknya tetap menindaklanjuti aduan-aduan warga yang tidak bisa menggunakan hak pilih saat pencoblosan dengan menjadikan aduan sebagai informasi awal untuk melakukan investigas di lapangan.

“Dari kemarin hingga hari ini, kami masih terus mengumpulkan bukti-bukti dilapangan terkait aduan itu,” pungkasnya.

(YaserBaginda)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: