Soal Perpanjang SIM, Polres Sangihe Jemput Bola

Soal Perpanjang SIM, Polres Sangihe Jemput Bola

 

Bitung – Kabar gembira bagi pengguna kendaraan yang hendak memperpanjang masa berlaku Surat Ijin Mengemudi (SIM). Pasalnya, Layanan jemput bola diberlakukan Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Kepulauan Sangihe. Dimana khusus untuk wilayah kecamatan diluar kota Tahuna pelayanan SIM dilakukan secara mobile dengan menggunakan kendaraan bus keliling.

Hal ini dibenarkan Kasat Lantas Polres Sangihe AKP Awaludin Puhi dikonfirmasi akhir pekan lalu. Terkait layanan SIM mobile, pihaknya telah beberapa kali melakukan uji coba pelayanan dengan menggunakan bus keliling kesejumlah kecamatan, diantaranya Kecamatan Tabuka Utara, Tamako dan Kecamatan di Kepulauan Siau Kabupaten Sitaro.

“Kami sudah ada pelayanan SIM keliling yang menggunakan mobil bus, dan layanan keliling ini diperuntukkan bagi perpanjangan SIM yang berada diluar wilayah kota Tahuna. Jadi untuk memperpanjang SIM warga tak perlu lagi datang ke kantor, karena sudah ada SIM keliling ”kata mantan Kapolsek Siau Timur ini.

Lanjutnya, terkait pengurusan SIM, Satlantas Polres Sangihe juga telah memiliki Satuan Penyelenggaraan Administrasi (Satpas) SIM yang pelayanannya bersifat online dan sudah terkoneksi dengan seluruh jaringan di Indonesia. Menurut Puhi ada keistimewaan dengan dibukanya pelayanan SIM secara oniline, yakni ketika ada masyarakat yang membuat SIM di Sangihe namun saat ini telah berdomisili di daerah lain, tak perlu lagi datang ke Sangihe ketika hendak melakukan perpanjangan SIM, cukup saja dilakukan secara online.

“Kita sudah ada Satpas SIM yang berlaku secara online, masyarakat yang tidak lagi tinggal di Kabupaten Kepulauan Sangihe dapat memanfaatkan perpanjangan SIM secara online,”ujarnya.

Meski telah memfasilitasi pengurusan SIM secara online dan pelayanan SIM keliling, Puhi juga menegaskan masyarakat yang hendak melakukan pengurusan SIM harus tetap mengikuti ketentuan maupun mekanisme perundang-undangan yang berlaku, termasuk seluruh pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat wajib hukum mengantongi SIM.

“Apalagi sudah ada kemudahan dalam pengurusan SIM, saya berharap semua pemilik kendaraan di Sangihe dapat melakukan pengurusan SIM,” pungkas Puhi.

(ReynaldiTulong)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: