Pertama di Indonesia, Calon DPD Asal Gorontalo Paparkan Gagasan Terbuka

Pertama di Indonesia, Calon DPD Asal Gorontalo Paparkan Gagasan Terbuka

Gorontalo – Di tengah perhelatan politik menuju Pemilu 2019 yang tinggal beberapa hari lagi. Salah seorang Calon Anggota DPD asal Gorontalo, Drs. H. Muhammad N. Tuli, menyampaikan secara terbuka gagasan dan ikhtiarnya sebagai janjinya jika terpilih.

Penyampaian gagasan, ikhtiar serta calon tersebut cukup unik, ia menyampaikan dalam selembar gambar yang mudah dicerna oleh masyarakat. Mantan Rektor IAIN Sultan Amay Gorontalo ini memilih cara tersebut untuk memperkenalkan dan menawarkan gagasan sebagai bagian dari pendidikan politik

Dalam gagasan dan janji yang ia sebut sebagai “Ikhtiar Untuk Gorontalo”, Muhammad N. Tuli menawarkan empat gagasan pokok yakni pengembangan kebudayaan Islam, penguatan ekonomi keumatan, pendidikan milenial, tata kelola pemerintahan dan agenda anti korupsi hingga soal isu lingkungan dan energy.

“Saya menawarkan ini agar menjadi alat ukur dan instrumen bagi pemilih di Gorontalo dalam mengawasi kinerja saya jika diberi amanah nanti,” ujar Muhammad N Tuli.

Soalnya, lanjutnya, selama ini masyarakat dan pemilih agak sulit mengukur kinerja dan mengawasi anggota legislative, khususnya DPD.

“Ikhtiar ini adalah janji saya bukan saja ke pemilih, tapi kepada Allah SWT,” lanjunya.

Bagi dirinya, ikhtiar ini dia rumuskan karena beberapa sebab antara lain karena Gorontalo sebagai basis masyarakat muslim terbanyak namun agenda pengembangan kebudayaan Islam seperti tidak menjadi prioritas, begitu pula dengan agenda penguatan ekonomi keumatan.

“Begitu pula dengan agenda pendidikan milenial dan agenda anti korupsi, yang menjadi tuntutan perubahan,” ujar Muh. N. Tuli yang juga mantan Ketua KPU Provinsi Gorontalo.(*/tsir)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: