Korban Jalan Tol Ditindas, Pemkot Bitung Bungkam

Korban Jalan Tol Ditindas, Pemkot Bitung Bungkam
Korban Jalan tol Manado-Bitung menangis histeris melihat rumahnya dibongkar paksa

Bitung – Pengadilan Negeri (PN) Kota Bitung direncanakan kembali mengeksekusi sejumlah bangunan di Perumahan Betsaida, Kelurahan Bitung Tengah, Maesa yang berdiri di jalur jalan Tol Manado Bitung pada 22 Juli 2019 mendatang.

Bahkan pengosongan lahan tersebut bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan rencana awal. Hal ini terungkap dalam konfirmasi awak media dengan Kapolres Bitung AKBP Stefanus Tamuntuan. Menurutnya, jadwal eksekusi lahan menjadi kapasitas PN Bitung.

“Tergantung permintaan dari PN Bitung kapan mau dilaksanakan karena kami (Polres Bitung, red) kapasitasnya pengamanan kegiatan. Kalau tidak ada perubahan, kami tetap siap amankan eksekusi pada 22 Juli,” ujar Tamuntuan, Rabu (17/07/2019) kemarin.

Terkait keluhan belum dibayarnya ganti rugi bagi pemilik bangunan yang dibongkar. Tamuntuan memilih tidak berkomentar lebih jauh.

“Harusnya dijawab PN Bitung karena kami hanya pengamanan ketika eksekusi lahan,” katanya.

Sementara itu Ketua PN Kota Bitung hakim Alfi Usup secara detail menjelaskan, bahwa eksekusi lahan sudah sesuai aturan pengadilan.

“Eksekusi merupakan kewajiban bagi kami apalagi ini berkaitan dengan proyek strategi nasional berupa pembangunan Jalan Tol. Dan syarat eksekusi telah terpenuhi,” ujar Alfi.

Terkait pembayaran pihaknya telah melakukan pembayaran kepada pemilik bangunan dengan metode konsinyasi.

“Persoalan perbedaan jumlah harga yang ditentukan oleh PPK melalui appriser dengan yang ditentukan oleh masyarakat silahkan untuk dibahas dengan pihak PPK. Itu diluar kewenangan pengadilan.  Yang jelas uang masyarakat telah dikonsinyasi di pengadilan dan saya jamin uang masyarakat itu aman semuanya ada di bank sampai dengan ada keinginan masyarakat untuk memgambil uang miliknya tersebut,” jelas Alfi.

Terpisah, Sekretaris Kota Bitung Audy Pangemanan hingga berita naik dipublis,  juga enggan menyikapi pertanyaan wartawan perihal teriakan sejumlah korban eksekusi lahan jalan Tol Manado Bitung.

Diketahui, total 33 bangunan di perumahan Betsaida menjadi target pembongkaran. Sebelumnya pada Selasa (16/7) pekan ini, 19 bangunan telah dibongkar dan diwarnai isak tangis pemilik rumah hingga viral di media sosial.

(YaserBaginda)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: