Komisi III Minta DLH Seriusi Masalah Sampah

Komisi III Minta DLH Seriusi Masalah Sampah
Hearing Komisi III dan Kadis LH

MANADO – Komisi III DPRD kota Manado pada Senin (13/1) 2020 mengadakan Duduk Dengar Pendapat Hearing bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Terkait masalah sampah yang meresahkan masyarakat kota Manado. Hearing tersebut dipimpin ketua Komisi III Jonas Makawata, Royke Anter, Mona Kloer, Lucky Datau dan Fredrik Tangkau serta dihadiri Kadis Lingkungan Hidup Tresje Mokalu.

Dalam pertemuan tersebut, terdapat banyak temuan terkait masalah sampah yang ada di TPA Sumompo, yang dianggap menjadi polemik.

Ketua Komisi III, Ronny Makawata (RoMa) mengatakan kota Manado yang sudah dipimpin Wali Kota selama 9 tahun apakah layak disebut sebagai kota cerdas.

“Sudah 9 tahun Wali Kota Manado menjabat dan terus mengatakan Manado sebagai kota Cerdas. Namun selama itu pula masalah sampah tidak pernah terselesaikan dengan baik. Mohon maaf sebelumnya, pemerintah bisa membunuh masayarakat yang ada disitu karena bau busuknya dan situasinya sudah ada sekitaran 40 sampai 50 KK. Oleh karena itu kami dari Komisi III DPRD Kota Manado ingin agar pemerintah fokus dan mengatasi masalah serius ini. Begitu juga dengan banyak dugaan pungli yang terjadi di lokasi. Banyak yang melapor, ada yang baru datang langsung dimasukan karena mau memberikan uang. Bayangkan ada yang sudah antri dari jam 3 subuh dan tidak tersedia sementara yang baru datang dan berikan uang rokok langsung. Ibu kadis saya rasa harus lebih meyakinkan lagi,” tutur Makawata.

Disamping itu Sekertaris Komisi III, Royke Anter juga mengatakan, sebelum ada pemindahan tempat sampah, DLH minta fokus ke satu tempat. “Jangan selalu menganggap enteng dan berfikir akan ada tempat baru untuk pembuangan sampah dan ternyata sekarang belum ada. Nah DLH fokus fokus ke tempat pembuangan yang ada. Apa yang menjadi prioritas seperti alat berat atau sumbernya yah itu DLH harus meminta untuk dianggarkan, dan kami Komisi III akan mendorong karena ini sangat perlu, “Tegas Anter.

Tresje Mokalu, Plt Kadis Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado (DLH) Kota Manado mengatakan bahwa apa yang di kemukakan oleh Komisi III adalah hal yang positif untuk kemajuan Kota Manado.
“Saya berterima kasih dengan masukan yang diberikan. Tapi saya sampaikan bahwa baru ini surat undangan dari komisi III yang saya baca. Dan pada waktu paripurna lalu bukan saya tak mengindahkan namun saya ada ibadah dirumah dan harus pulang. Tapi menurut saya itu biasa kalau cuma uang rokok yang diberikan. Dan sekarang kita sudah mengenal dan pasti saya akan selalu berkoordinasi dengan mitra komisi III,” tutur Tresje Mokalu. (Laks)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: