Jalur Pendakian ‘Manado Tua’ Dibuka

Jalur Pendakian ‘Manado Tua’ Dibuka
Pengecekan jalur pendakian Manado Tua oleh tim Taman Nasional Bunaken.

Manado – Manado bukan hanya tempat untuk berwisata bahari. Banyak lokasi di daratan yang tak kalah cantik untuk bisa dieksplorasi. Salah satunya adalah Gunung Manado Tua atau Pulau Manado Tua. Pasalnya, para pengunjung sudah bisa melakukan pendakian di kawasan ini.

Pendakian di Manado Tua ini adalah alternatif bagi pengunjung yang datang ke Taman Nasional Bunaken. Manado Tua salah satu Pulau di Kawasan Taman Nasional Bunaken, kini sudah memiliki jalur pendakian.

Pulau yang memiliki ketinggian sekitar 800 mdpl, secara administratif terletak di Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado, Sulut ini merupakan pulau yang mempunyai potensi untuk aktivitas wisata mendaki.

Jalur pendakian di Manado Tua dapat ditempuh melalui Kelurahan Manado Tua II dengan panjang jalur sampai di signage 1500 m. Adapun dari Manado Tua I ke signage 2.300 m. Selama perjalanan melewati jalur pendakian, para pendakian maupun pengunjung akan menikmati pemandangan indah Teluk Manado, dengan punggung Pulau Bunaken.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Farianna Prabandari mengatakan, bahwa saat ini pihaknya dalam tahapan penyelesaian pembangunan signage.

“Lokasi ini akan menjadikan salah satu spot swafoto untuk wisatawan,” kata Farianna disaat melakukan pengecekan jalur pendakian.

Farianna menjelaskan, bagian atas ada signage menghadap kearah Timur Laut dan signage sendiri menghadap ke laut sangat terlihat Bunaken dan Kota Manado.

“Wisatawan yang tidak melakukan aktivitas diving dan snorkelling, pendakian merupakan pilihan aktivitas wisata lainnya,” jelas Farianna

“Jalur pendakian yang disiapkan juga tidak terlalu ekstrim, cukup bersahabat bila datang bersama keluarga,” sambungnya.

Pemandangan pulau Bunaken dan teluk Manado dari puncak Manado Tua.

Dalam penyiapan jalur pendakian, lanjut Farianna, pihaknya melibatkan masyarakat serta elemen mitra untuk menyiapkan wisata alam pendakian di Manado Tua.

“Untuk masing-masing jalur pendakian, dibantu dan disiapkan oleh masyarakat yang bermukim di Kelurahan Manado Tua I dan Kelurahan Manado Tua II,” lanjutnya.

“Kami berharap peningkatan obyek wisata alam di Taman Nasional Bunaken juga akan menambah peningkatan perekonomian masyarakat lokal. Bahkan kedepan masih banyak potensi wisata yang akan dikembangkan oleh Balai Taman Nasional Bunaken bersama masyarakat dan instansi terkait di Pulau Manado Tua,” kata Farianna.

Untuk diketahui, wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Nasional Bunaken, sekarang akan banyak pilihan kegiatan wisata, jadi tidak hanya melakukan aktivitas diving dan snorkelling tetapi juga bisa melakukan kegiatan pendakian di Manado Tua.
(datsri)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: