Ini Strategi Kakanwil Kemenag Sulut dalam Sinkronisasi Data & Penyusunan Bahan Publikasi

Ini Strategi Kakanwil Kemenag Sulut dalam Sinkronisasi Data & Penyusunan Bahan Publikasi

Manado – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Abdul Rasyid, Kamis (11/4), resmi membuka kegiatan Sinkronisasi Data dan Penyusunan Bahan Publikasi yang diselenggaran oleh Sub Bagian Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sulut.

Kegiatan yang berlangsung di Swissbel Hotel Manado itu, Kakanwil Kemenag Sulut menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini sekaligus mengingatkan tentang pentingnya data dan informasi dalam menentukan arah kebijakan dan memberikan pelayanan yang tepat guna kepada masyarakat.

“Kegiatan ini karena merupakan amanat dari salah satu hasil Rakernas Kementerian Agama RI Tahun 2019 tentang Integrasi Data,” ujar Abdul Rasyid.

Ia menambahkan, bahwa tantangan yang dihadapi oleh Kanwil Kemenag Sulut saat ini mengenai data, bahwa sekarang orang makin sadar bahwa data itu merupakan aset penting. Kemudian adanya pertumbuhan data yang cepat, dituntut kecepatan, ketepatan dan kemutakhiran dalam penyajian data serta permintaan data yang beragam dari berbagai stakeholder.

Masalah yang dihadapi saat ini lanjut Abdul Rasyid, adalah data tidak akurat, data tidak lengkap, data tidak konsisten dan ketidaktersediaan data.

“Melihat tantangan dan masalah yang ada, maka strategi yang diperlukan adalah integrasi data dengan langkah-langkah antara lain pengumpulan data yang akurat dengan format yang sama dari sumber data, penyatuan data yang tersebar pada masing-masing sumber data (satker), penyusunan dan penyajian data dan informasi yang cepat, tepat dan akurat serta mengoptimalkan data sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan”, kata Abdul Rasyid.(tsir)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: