HUT ke-17 Talaud, Tuange Sebut Ini Momen Introspeksi Diri

HUT ke-17 Talaud, Tuange Sebut Ini Momen Introspeksi Diri
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17, Kabupaten Kepulauan Talaud menggelar upacara bendera di lapangan Sangkundiman Melonguane, (02/07/2019).

Talaud – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17, Kabupaten Kepulauan Talaud menggelar upacara bendera di lapangan Sangkundiman Melonguane, (02/07/2019).

Plt Bupati kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange yang bertindak sebagai inspektur upacara, dihadiri berbagai unsur baik pegawai, tokoh adat, hingga prajurit TNI, Polri dan Kejaksaan serta perwakilan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara.

Mengawali sambutannya, Petrus Simon Tuange menyampaikan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang memperkenankan terselenggaranya perayaan HUT tahun ini.

Dia mengatakan, pemerintah dan masyarakat pantas bersyukur, sebab banyak kemajuan telah diperoleh selang 17 tahun berotonomi.

“Melengkapi suka cita hari ini, saya sebagai pimpinan daerah menyampaikan selamat merayakan hari ulang tahun daerah yang ke-17 tahun kepada seluruh komponen mayarakat yang ada di daerah Kabupaten Kepulauan Talaud dari tinonda sampai napombaru,” ujar Petrus.

Menurutnya, moment ini juga saat yang tepat untuk melakukan introspeksi diri dan mengevaluasi berbagai program pembangunan yang telah dicapai dan belum terselesaikan.

“Tahun ini juga menjadi fase krusial untuk melihat capaian ataupun mengambil sari pati pelajaran untuk memperbaiki program yang belum efektif,” katanya.

Kegitan dengan tema “Rerro wawea mona, henggona ua tarra veto pamanua (Tuhan penunjuk jalan dan juru mudi kehidupan)”, ini diharapkan seluruh stakeholder bekerja sama mengoptimalkan seluruh kapasitas, semangat dan tanggung jawab dalam karya dan kerja dalam keteguhan iman yang mengutamakan pengabdian yang serius dan tulus.

“Dan dalam pertolongan Tuhan, Talaud kita bangun dalam bingkai budaya persaudaraan dan persatuan yang utuh dan damai sebagai mana sub tema:
“mata ni sondapen’nuapa mana su sasuawa, dorongan su mawu sarande su ruata, Taloda maweleng su wingkaco padarame (mohon pertolongan Tuhan, Talaud kembali dalam kehidupan penuh kedamaian),” ujar Petrus.

Keberadaan dan komitmen pemerintah dan masyarakat Talaud dalam membangun daerah terus mendapat apresiasi dan motivasi yang positif dari pemerintah pusat dan pemerintah propinsi. Karena itu dibutuhkan peran aktif dan kerja sama erat antara tokoh adat, tokoh agama dan masyarakat serta pihak terkait lainnya bersama pemerintah daerah untuk secara sadar dan sukarela menunjang dan menopang setiap gerak pembangunan.

“Mari kita hadir sebagai pribadi yang siap membangun tanah Porodisa dan menjadi terdepan dalam mewujudkan visi misi dalam penjabaran program dan arah kebijakan yang tepat,” ajak pria sudah tiga kali menjabat Plt Bupati Kepulauan Talaud.

Dia menambahkan, raihan predikat WTP dalam pengelolaan keuangan daerah, kiranya memotivasi dan memacu seluruh perangkat daerah untuk bekerja lebih baik lagi dengan sumber data yang akurat, jelas dan terpercaya.

“Mari kita jadikan hal itu sebagai dasar untuk memacu pembangunan ke depan untuk lebih baik lagi dengan mengedepankan semangat Sansiote Sampate-pate Suirene Suwaide,” imbuhnya.

Selain itu, pembangunan yang dijalankan ke depan harus berdasar pada aturan yang benar dan jelas serta faktor pendukung lainnya sehingga tidak timbulkan masalah.

Dia mengakui, di tengah kemajuan masih ada capaian pembangunan yang belum terselesaikan sebagai proses yang berkelanjutan dan bertahap. Untuk itu, dibutuhkan komitmen bersama mencari solusi dan penyelesaian yang efektif dan efisien terhadap setiap persoalan.

“Pemerintah daerah juga terus melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap pejabat publik guna meningkatkan disiplin, menjadi pejabat yang bermoral, handal, jujur, semangat kerja yang tinggi serta komitmen kepemimpinan manejerial yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandas Petrus.

Kesempatan itu juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka perayaan HUT Daerah kali ini. Dimana Plt Bupati keluar sebagai jawara pada turnamen catur.

(Ive)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: