Halal Bihalal Kemenkumham Sulut, Tiga Poin Penting Ini Wajib Diteladani

Halal Bihalal Kemenkumham Sulut, Tiga Poin Penting Ini Wajib Diteladani

Manado – Puasa adalah satu-satunya ibadah yang tidak terlihat ibadahnya. Mengapa? Karena yang mengetahui ibadah itu hanya orang yang menjalankan puasa dan Allah SWT.

Hal itu disampaikan Ustadz Umar Maliki dalam materi ceramahnya di acara Halal Bihalal Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Utara, Rabu (19/6/2019).

Ustadz Umar Maliki mengatakan, puasa adalah ibadah yang unik, ibadah siriyah namanya. Dan inilah satu-satunya ibadah yang tidak terlihat, tapi gampang dimanipulasi.

Selain itu, dalam ceramahnya, Ustadz Umar Maliki mengatakan, bulan ramadhan juga bisa disebut sebagai lembaga pendidikan dengan 3 kurikulum yang harus dijalani dan dipakai untuk menempa dan menggembleng diri agar menjadi lebih baik lagi.

Ia kemudian menyebutkan, kurikulum yang pertama adalah beriman untuk menuju ketaqwaan sesuai anjuran Alquran. Kurikulum ramadan yang kedua adalah soal kejujuran dalam menjalankan ibadah.

Menurutnya, semua ibadah dalam Islam itu adalah ibadah langsung atau kelihatan. Dia mencontohkan sholat dengan gerakan yang terlihat. Begitu juga dengan zakat, dimana terlihat pemberi zakat dan adanya mustahaq sebagai penerima zakat. Juga dengan ibadah haji yang harus berangkat ke tanah suci Mekkah agar ibadahnya menjadi mabrur.

“Tapi puasa tidak kelihatan, makanya ibadah puasa dibutuhkan kejujuran untuk menjalankannya,” jelas ustadz yang sering memasukkan sedikit guyonan untuk membuat pendengarnya selalu tersenyum.

Sedangkan kurikulum yang ketiga adalah sabar. Ustadz Maliki menyebut umat muslim dilatih kesabarannya dalam menahan lapar dan dahaga, nafsu dan amarah.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Utara, Effendy Peranginangin mengatakan, Halal Bihalal sengaja dibuat agak berbeda dengan sebelumnya. Tapi intinya untuk menjalin silaturahim.

“Halal bihalal ini sengaja kita buat berbeda dari sebelumnya. Bukan hanya dilingkungan Kemenkumham saja, melainkan melibatkan instansi terkait lainnya. Tujuannya untuk menjalin silaturahmi dan menjalin sinergitas sesama instansi,” kata Effendy saat diwawancarai awak media diruang kerjanya.
(Mudatsir)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: