FPSL Belum Mampu Dongkrak Ekonomi di Bitung?

FPSL Belum Mampu Dongkrak Ekonomi di Bitung?
praktisi dan pengiat Ekonomi Kota Bitung, Basmi Said SE. MSi,

Bitung – Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) Kota Bitung ke-4 sudah selesai dilaksanakan. Digelar selama 7-10 Oktober 2019, festival tahunan ini diharap mampu membawa dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar khususnya para pelaku wisata.

Namun, salah satu praktisi dan pengiat Ekonomi Kota Bitung, Basmi Said SE. MSi, melihat belum ada ukuran kenaikan dari sektor ekonomi kreatif.

“Mari kita lihat secara realistis apakah ada dana mengalir dari wisatawan mancanegara di FPSL selama ini? Bitung belum ada ukuran kenaikan ekonomi kreatif,” kata Said, Senin (14/10/2019).

Lebih lanjut, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE Petra) ini mengatakan, harusnya pemeritah genjot sektor industri dan lebih mengutamakan infrastruktur pariwisata.

“Jika ada yang tanya kenapa harus lebih dulu sektor industri, karena sektor perikanan menyumbang pengangguran sebanyak 12 ribu di tahun 2015,” ungkapnya.

Dari data yang ada, lanjut Said, 220.700 penduduk, warga miskin di Bitung ada sekitar 6,5%.

“Kebanyakan kemiskinan Kota Bitung datang dari sektor perikanan sejak empat tahun terakhir yang belum pulih sepenuhnya sejak di terbitkan Permen KP 56, 57,” pungkas Said.

(YaserBaginda)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: