Empat Jamaah Gagal Berangkat, Diduga Ada Mafia Haji di Kemenag Sulut

Empat Jamaah Gagal Berangkat, Diduga Ada Mafia Haji di Kemenag Sulut
Ilustrasi gambar di Tanah suci

Manado – Diduga ada mafia haji di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Utara. Pasalnya, dari 885 calon jamaah haji ada empat jamaah yang gagal berangkat dengan alasan yang tak jelas.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, salah satu jamaah haji yang gagal berangkat, Yusni Uno merasa kecewa dengan panitia Haji karena sebelumnya tidak diberitahu soal pembatalan keberangkatan.

“Pembatalan ini secara sepihak sebelumnya kami tidak tahu. Bahkan pembatalan itu kami tahu dari beberapa media yang telah memberitakan beberapa hari lalu,” ucap Yusni, Senin (15/07/2019).

Padahal sebelumnya, kata Yusni, kami sempat diperintahkan mengurus Pasport serta melakukan pemeriksaan kesehatan. Tapi tiba-tiba ada pembatalan.

“Tak hanya itu, kami juga sudah menggelar syukuran pelepasan haji menuju ke tanah suci bahkan sudah melakukan pelunasan di Bank dna sudah keluar nama di Komputer,” kata Yusni.

Bukti pembayaran

Bukti pelunasan

Yusni juga membeberkan sempat didatangi kedua pejabat dari Kanwil Sulut dengan memberitahu kalau saya tidak jadi berangkat dengan alasan yang tidak jelas.

“Sementara yang di ketahui kalau terjadi pembatalan dan masuk daftar tunggu keberangkatan tahun 2020 seperti yang di sampaikan dua pejabat kementrian agama yang datang kerumah sebagai cadangan dalam kuota haji tahun ini seharusnya sudah ada confirmasi setahun sebelum keberangkatan. Kayaknya terjadi kontradiksi dalam penyampaian ini,  sebab saya tau tahun ini sudah siap lahir dan bathin memenuhi panggilan Tuhan ke rumah suci baitullah karna saya masuk kuota haji tambahan sesuai dengan KMA nomor 176 Tahun 2019 tentang penetapan kuota haji Tambahan  Tahun 1440H/2019M,” pungkasnya.

Diketahui empat calaon jamaah haji yang gagal berangkat yakni, Yusni Uno calon haji dari Kabupaten Minahasa, Wahyu Cakrawarta Daniel calon haji dari Kota Kotamobagu, Eva Monoarfa calon haji dari Kota Kotamobagu dan Rahma Rondo dari Kabupaten Bolmut.

(Tsir)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: