Empat Calon Haji Sulut Batal Berangkat

Empat Calon Haji Sulut Batal Berangkat
Plt Penyelanggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulut, Suharto Rondo.

Manado – Empat orang dari 885 calon haji asal Sulawesi Utara, batal berangkat pada musim haji tahun ini.

Plt Penyelanggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulut, Suharto Rondo menjelaskan, ke empat calon haji yang batal berangkat karna sebagai cadangan dalam kuota haji tahun ini.

“Mereka (Calhaj) itu cadangan. Jadi kan yang namanya cadangan itu ada yang bisa berangkat ada yang tidak,” kata Rondo saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya, Selasa (9/7/2019).

Oleh karena itu,  lanjut Rondo, keempat calhaj yang batal berangkat ke Tanah Suci sehingga keempat orang tersebut masuk jadwal tunggu musim haji tahun berikutnya.

“Keempat calhaj itu kita sudah masukkan pada daftar tunggu atau pemberangkatan musim haji tahun depan. Tapi kami masih berusaha agar keempat calhaj tersebut bisa berangkat tahun ini,” lanjut.

“Dan keempat calhaj ini sudah mengetahui kalo mereka sebagai cadangan. Jadi mereka sudah tau mekanismenya kalo cadangan itu kemungkinan bisa berangkat dan bisa juga tidak. Yang pasti mereka sudah tau kalo mereka itu sebagai cadangan,” tambahnya.

Sementara itu, calon jamaah haji asal Kabupaten Minahasa, Yusni Uno saat di konfirmasi Suarapembaharu.com, dirinya tidak mengetahui kalau posisinya sebagai cadangan dalam calon haji tahun ini.

“Saya tidak mengetahui kalau posisi saya sebagai cadangan dalam calon haji tahun ini. Apalagi pembatalan keberangkatan. Setahu saya tahun ini sudah berangkat,” kata Yusni Uno.

“Kami sendiri saja tidak dikasih tahu kalo batal untuk berangkat haji. Bahkan pembatalan tersebut kami baru tahu dari wartawan yang menanyakan itu,” tambahnya.

Meskin begitu, dirinya serahkan semuanya kepada Allah SWT, apa berangkat tahun ini atau tidak.

“Kita serahkan semua ke Allah, jika itu belum rejeki untuk berangkat tidak apa-apa juga. Namun sangat berharap bisa berangkat tahun ini karna kita sudah melakukan pelunasan biaya dan sudah melakukan persiapan,” kata Yusni Uno.

Adapun empat orang yang batal berangkat haji tahun ini yakni Yusni Uno calon haji dari Kabupaten Minahasa, Wahyu Cakrawarta Daniel calon haji dari Kota Kotamobagu, Eva Monoarfa calon haji dari Kota Kotamobagu dan Rahma Rondo dari Kabupaten Bolmut.(tsir)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: