Diduga Ada Transaksi Jual Beli C1 Libatkan Oknum Penyelenggara di Bitung

Diduga Ada Transaksi Jual Beli C1 Libatkan Oknum Penyelenggara di Bitung

 

Bitung – Tahapan pemilu sudah di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Bitung. Namun, kuat dugaan ada transaksi jual beli C1 di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dari patauan suarapembaharu.com, pleno rekapitulasi di delapan Kecamatan hampir semua saksi parpol tak membawah dokumen C1.

“Memang ada beberapa TPS yang tak memberikan C1 kepada saksi parpol. Tapi, soal ada dan tidaknya transaksi jual beli C1 di TPS saya tak tahu,” ucap salah satu Caleg yang tak mau dipublis namanya, Minggu (21/04/2019).

Dia juga mengungkapkan, kinerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang di bentuk PPS masih butah dalam hal aturan kepemiluan.

“Padahal ini pesta demokrasi, pesta rakyat indonesia tapi masih banyak warga yang tak bisa menyalurkan haknya di TPS. Apalagi ada beberapa TPS yang kertas suaranya kurang,” ungkapnya.

Sementara itu, Menanggapi soal dugaan adanya transaksi jual beli C1 di Bitung, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Masyarakat-antar lembaga, Joseph Sammy Rumambi menjelaskan silakan lihat PKPU terkait perhitungan.

“Bagi saksi yang tak mendapatkan C1 silakan minta kepada KPPS,” singkatnya.

(YaserBaginda)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: