Bawaslu Sangihe Bidik Pelanggaran Pemilu

Bawaslu Sangihe Bidik Pelanggaran Pemilu

 

Bitung – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Sangihe sejak tanggal 13 April 2019 giat melakukan patroli rutin mulai dari kabupaten sampai kecamatan. Patroli ini sengaja dilakukan agar masa tenang Pemilu tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Ketua Bawaslu Sangihe Junaedi Bawenti SH membenarkan hal ini saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan. Bahkan menurutnya patroli ini mereka laksanakan dari pagi hingga malam hari.

“Jadi untuk masa tenang ini terhitung dari tanggal 13 April sudah masuk masa tenang. Jajaran Bawaslu secara berjenjang sampai Panwaslu Kecamatan telah melakukan patroli rutin. Patroli ini adalah memastikan untuk tidak ada gerakan-gerakan money politik, kampanye diluar jadwal ataupun memastikan pendistribusian logistik. Kita dibantu juga dari teman-teman dari Kepolisian dan TNI,” ujarnya.

Ketika disinggung apakah Bawaslu menemukan kasus pelanggaran saat masa tenang, Junaedi menegaskan saat ini Bawaslu belum menemukannya.

“Sampai saat ini belum ditemukan kasus pelanggaran. Tetapi informasi-informasi tentang money politik gencar masuk ke kami. Hanya saja saat diinvestasi ke lapangan, laporan itu tidak kita temukan. Apakah karena adanya kita tidak terjadi atau bubar, atau sengaja mereka menginformasikan informasi bohong untuk mengalihkan perhatian kita ke yang lain. Itu masih kita dalami,” ungkapnya.

Dirinya juga menyadari tidak semua wilayah bisa terpantau oleh Bawaslu dikarenakan keterbatasan personil pengawas yang ada.

“Kita sadari kita ada kelemahan-kelemahan karena keterbatasan personil, tidak seperti personil TNI maupun Polri. Dan keterbatasan ini dibatasi dengan wilayah yang cukup luas, sehingga informasi-informasi yang kita terima kadang kala sampai dilokasi sudah tak terlihat ada jejak,” pungkasnya.

(enal)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: