Basarnas Selamatkan Pendaki Gunung Klabat

Basarnas Selamatkan Pendaki Gunung Klabat
Basarnas saat mengevakuasi pendaki gunung Klabat yang mengalami cidera.

Manado – Basarnas Manado berhasil menyelamatkan 2 orang pendaki gunung Klabat yang mengalami sakit dan kelelahan, Minggu (10/11) sekitar pukul 05.00 Wita.

Keduanya pendaki tersebut bernama Novita Sarempa (37) dan Daud (29). Keduanya merupakan warga di Kelurahan Titiwungan Selatan, Kecamatan Sario, Kota Manado.

Kepala Basarnas Manado, Gede Darmada, menuturkan, sebelumnya pihaknya menerima laporan tentang 2 orang pendaki yang mengalami cidera dan tak bisa lagi melanjutkan perjalanan.

“Kami menerima laporan dari salah satu pendaki yang mana rekan pendaki perempuan mengalami cidera dan yang lainnya kelelahan,” ujar Kabarnas Manado.

Saat menerima laporan, Ia kemudian langsung memerintahkan anggota untuk melakukan evakuasi dan pertolongan.

“Dalam perjalanan, banyak kendala yang ditemui Tim SAR saat menuju lokasi karena Tim menerobos hutan lebat, apalagi ditambah dengan cuaca hujan lebat, sehingga tim agak terlambat tiba di lokasi,” jelas Darmada.

“Meski ada kendala, pihak berhasil mengevakuasi dan melakukan pertolongan terhadap pendaki yang mengalami cidera. Terkadang, tim juga harus memapah serta menggunakan tandu darurat karena menyesuaikan kondisi dan kenyamanan korban. Mereka ditemukan pada ketinggian sekitar 1.300 MDPL,” sambungnya.

Dengan insiden ini, Kepala Basarnas Manado kemudian menghimbau kepada seluruh pencinta alam yang suka mendaki gunung untuk menyiapkan fisik dan stamina, serta mengenal karakter gunung yang harus didaki.
(tsir)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: