Barcelona Permalukan Manchester United Lewat Gol Bunuh Diri

Barcelona Permalukan Manchester United Lewat Gol Bunuh Diri

 

Jakarta – Barcelona meraih kemenangan 1-0 atas Manchester United pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018-2019, di Stadion Old Trafford, Manchester, Rabu (10/4/2019) waktu setempat.

Dalam pertandingan ini, Manchester United tampil dengan strategi berbeda. Ole Gunnar Solskjaer menggunakan formasi 3-5-2.

Luke Shaw yang biasanya menjadi bek kiri, kali ini ditempatkan sebagai bek tengah bersama Victor Lindelof dan Chris Smalling. Sementara itu, Diogo Dalot beroperasi sebagai wingback kiri demi mengawal pergerakan Lionel Messi.

Kendati demikian, Barcelona yang tetap tampil dengan formasi andalannya, 4-3-3, mampu mendominasi pada awal pertandingan. Lini tengah El Barca banyak menekan Paul Pogba dkk hingga garis pertahanan.

Hasilnya terbukti ketika laga berjalan 12 menit. Sebuah umpan silang Messi mengarah kepada Luis Suarez yang berada di tiang jauh.

Sundulan Suarez sebenarnya lemah dan bola menuju Philippe Coutinho. Akan tetapi, bola justru mengenai Shaw dan kemudian masuk ke gawang sendiri.

Gol tersebut sempat dianulir setelah asisten wasit mengangkat tanda Suarez lebih dahulu terperangkap offside. Namun, wasit Gianluca Rocchi akhirnya mengesahkannya setelah mendapat bantuan VAR.

Setelah tertinggal, Manchester United mulai tampil lebih percaya diri. Sementara itu, Barcelona justru sedikit kesulitan mengembangkan permainan.

Pada menit ke-30, Messi sempat mendapat perawatan medis karena diterjang Smalling. Hidung Messi mengeluarkan darah, namun tetap bisa melanjutkan pertandingan.

Adapun Manchester United masih belum bisa memberikan ancaman berarti ke pertahanan Barcelona. Hingga babak pertama berakhir, Barcelona tetap unggul 1-0 atas Manchester United.

Setelah jeda, Manchester United gantian mengambil alih penguasaan bola. Barcelona justru semakin tertekan karena permainan cepat tuan rumah.

Situasi ini membuat pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengubah komposisi pemain pada menit ke-65. Arturo Vidal dan Sergi Roberto dimainkan menggantikan Coutinho dan Arthur.

Manchester United juga melakukan perubahan komposisi pemain. Anthony Martial dan Jesse Lingard secara bergantian masuk menggantikan Romelu Lukaku dan Dalot.

Perubahan strategi kedua tim ternyata lebih menguntungkan Barcelona. Tim tamu kembali bisa memegang kendali serangan berkat masuknya Vidal dan Roberto.

Manchester United pun gagal mencetak gol penyeimbang. Pertandingan berakhir 1-0 untuk kemenangan Barcelona.

Hasil ini menguntungkan Barcelona. El Barca hanya butuh hasil imbang pada leg kedua di Stadion Camp Nou, Barcelona, Selasa (16/4/2019) waktu setempat.

(***/Haikal)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: