Bakamla Evakuasi Wisatawan Asing Terdampak Gelombang Tinggi

Bakamla Evakuasi Wisatawan Asing Terdampak Gelombang Tinggi

Minut, Suarapembaharu.com – Bakamla Zona Maritim Tengah mengevakuasi puluhan wisatawan asing dari perairan Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, tepatnya di Pulau Lihaga, Kamis (27/12/2018) malam.

Wisatawan tersebut kesulitan keluar dari Pulau tersebut dikarenakan gelombang cukup tinggi.

Kepala Zona Maritim Tengah, Brigjend Pol Bastomy Sanap melalui Plt Kabid Ops Bakamla Zona Maritim Tengah, Kolonel Bakamla Heriwansyah P. Agam mengatakan, personil Pangkalan Armada Serei membantu evakuasi seluruh wisatawan ke dermaga Pangkalan Armada Serei, Minahasa Utara.

Kolonel Bakamla Heriwansyah menjelaskan, sebelumnya pihaknya mendapat laporan dari GM MM Travel Manado menghubungi kantor Pangkalan Zona Maritim Tengah untuk meminta bantuan evakuasi wisatawan asing yang terjebak di Pulau Lihaga karena sedang terjadi gelombang tinggi disertai angin kencang di perairan tersebut.

Mendapat laporan tersebut, Bakamla Zona Maritim Tengah langsung mengarahkan KN Gajah Laut 4804 langsung menuju lokasi dan melakukan evakuasi seluruh wisatawan tersebut sekitar pukul 20.45 Wita.

Namun karena tidak ada dermaga, para wisatawan yang terdiri dari balita, anak-anak dan orang dewasa ini dijemput dengan menggunakan boat menuju ke KN Gajah Laut.

“Setelah semuanya dievakuasi, KN Gajah Laut langsung bergerak kembali menuju dermaga Pangkalan Armada Serei, sekitar pukul 23.45 Wita, dengan selamat,” jelas Kolonel Heriwansyah.

(tsir)

CATEGORIES
Share This
%d bloggers like this: