Angka Kemiskinan Diujung Utara NKRI Meningkat

Angka Kemiskinan Diujung Utara NKRI Meningkat
Kepala BPS, Charles Hiburian

TALAUD – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Talaud mencatat, dimana angka kemiskinan di Kabupaten Talaud masih tinggi dan berada di angka 9,50% bahkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Talaud belum belum bisa di andalkan dan hanya di angka 5,40% saja.

Pelak saja, kesejahteraan masyarakat yang adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual dan sosial warga agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya, belum terpenuhi di Kabupaten Kepulauan Talaud. Betapa tidak, angka kemiskinan sejak tahun 2011 tercatat berada di angka 10,05 % yang sayangnya di tahun 2018 tidak menunjukkan penurunan yang signifikan, bahkan angka pengangguran di Talaud tergolong masih tinggi, yang berada di angka 1.027 jiwa.

“Memang kalau dilihat dari angka, jumlah masyarakat Talaud yang miskin mengalami kenaikan,” ucap Kepala BPS, Charles Siburian.

Sementara kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Talaud Imen Manopode mendapati bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) di Talaud masih kurang, sehingga kemiskinan di Talaud masih tinggi yang diakibatkan oleh masyarakat itu sendiri dimana, tidak adanya upaya untuk meningkatkan taraf hidup ke posisi yang lebih baik.

“Penyebab utamanya bukan karena hasil bumi misalnya. Tetapi karena masyarakat banyak bersembunyi di balik kemiskinan. Tidak ada upaya masyarakat bagaimana dia mempertahankan kehidupannya yang lebih mapan.” ungkap Manopode, Senin(28/10/19) kemarin.

Lanjutnya, masyarakat kebanyakan selalu mengharapkan bantuan dari pemerintah, yang belum tentu bisa mengakomodir secara keseluruhan, dimana bantuan yang di salurkan berdasarkan data orang miskin yang parahnya lagi masyarakat belum memahami kriteria orang miskin.

“Kalau melihat orang miskin itu pertama dari segi pendidikan atau Sumber Daya Alamnya. Misalnya berapa banyak lusan perguruan tinggi yang mendapat pekerjaan, nah ini yang menyebabkan kemiskinan,” beber Manopode.

(ive).

CATEGORIES
Share This
%d bloggers like this: