Angka Kemiskinan di Talaud Terus Bertambah, Ini Penyebabnya

Angka Kemiskinan di Talaud Terus Bertambah, Ini Penyebabnya
Imen Manopode

Talaud – Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Philipina. Dengan jarak 218 mil atau 351 kilometer dari Kota Manado menjadikan Talaud yang cenderung terisolir karena jauh dari ibu kota Sulawesi Utara (Sulut).

Pembangunan dan penyempurnaan modal transportasi darat dan laut yang dilakukan Pemerintah Talaud selama ini ternyata belum memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di Bumi Porodisa. Ini bukanlah tudingan tanpa bukti faktual.

Pasalnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Talaud merilis data angka kemiskinan dari tahun 2011 sampai 2018, mencatat tidak ada penurunan Angka Kemiskinan dan terkesan Staknan bermain di angka 9 sampai 10 persen.

Di tahun 2016 jumlah angka kemiskinan di kabupaten Talaud mencapai 9,22 Ribu Jiwa atau 10,29 persen dan di Tahun 2018 mengalami penurunan angka yang tidak jauh yakni hanya 8,6 ribu Jiwa itu berarti jumlah tersebut Staknan di angka 9,50 persen.

Tentu dengan Angka tersebut bisa dipastikan Talaud masih di kategorikan Kabupaten yang memiliki warga miskin yang terus bertambah di bandingkan dengan Kabupaten Kota Lainnya.

Badan Statistik Sosial BPS Kabupaten Talaud mencatat, Data tersbut merupakan update terakhir sebagaimana rilis yang diterbitkan melalui website BPS Provinsi Sulut Rabu 15/8/2019.

Data tersebut sesuai hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional yang dilakukan serempak di seluruh Indonesia dengan memperhatikan beberapa indikator kemiskinan, yaitu indeks keparahan kemiskinan, indeks kedalaman kemiskinan, presentasi penduduk miskin, dan jumlah penduduk miskin.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Sosial, Imen Manopode mengatakan, salah satu penyebab utama terus meningkatnya angka kemiskinan di Talaud adalah Kurang nya Lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Penyebabnya kurangnya lapangan pekerjaan, sehingga memperngaruhi perekonomian masyarakat,” ujar Manopode, Jumat (16/08/2019).

(Ive)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: