Adanya Cuaca Extrem Dandim 1301/Sangihe Perintahkan Babinsa Untuk Siap Siaga

Para babinsa,aparat kampung,serta masyarakat disampaikan agar bisa berhati hati dengan cuaca yang ada sekarang

Sangihe.- Siarapembaharu.com—Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Cristanto S.I.P memerintahkan seluruh Danramil menyiagakan anggota Babinsanya untuk rajin terjun ke wilayah, guna mengantisipasi kondisi wilayah banjir dan tanah longsor seperti yang sudah terjadi
di Ulung Peliang. Kec. Tamako dan Lebo Kec. Manganitu. Kab. Kepl.Sangihe. Jumat(10/01/20)

Dandim berkata, “di musim penghujan ini, Curah hujan meningkat, kondisi seprti ini rawan akan terjadinya bencana banjir dan longsor, seperti yang sudah terjadi di wilayah Kec. Tamako, Kec. Manganitu dan Kec. Kendahe Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dandim menambahkan,” untuk jajaran khususnya Danramil harus selalu siaga dan menyiagakan Babinsanya serta berkordinasi dengan pemerintah setempat jika terjadi hal-hal yang menonjol.Dengan kerja bakti diharapkan juga dapat mempererat tali persaudaraan dan hubungan antara TNI dengan rakyat terjalin semakin baik”,kata Dandim.

Kepedulian Kodim 1301/Sangihe dengan warga di wilayah binaan pun terus ditunjukkan. Sejumlah Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil daratan dan anggota Kodim bahu-membahu membantu masyarakat melaksanakan kerja bakti.Terdapat sejumlah titik longsor di wilayah Kabupaten Sangihe beberapa hari terakhir, sehingga butuh penanganan ekstra.

“Danramil 07/Tabut dan Plh Danramil 03/Tamako pimpin di wilayah bencana banjir Tamako, Danramil 08/Tabteng, Plh 04/Manganitu, Plh Danramil 09/Tabsel pimpin di wilayah bencana banjir bandang dan longsor di kampung Lebo Kec Manganitu”,tuturnya.

“Babinsa dan anggota Kodim 1301/Sangihe di Kerahkan untuk melaksanakan operasi membantu korban banjir dan longsor,” ucap Danramil 08/Tabteng Letnan Satu Inf Josman Mamantung, di sela kerja bakti membersihkan material longsoran yang mengenai rumah warga di Kampung Lebo Kec. Manganitu. Kab. Kepl.Sangihe.

Menurut Danramil 08/Tabteng, kegiatan kerja bakti tersebut merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Ia berharap kehadiran anggota TNI membuat warga Kampung Lebo terbantu dan semakin semangat dalam bekerja bakti.

“Kodim 1301/Sangihe terus berupaya bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam membantu menangani bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah Sangihe,” lanjutnya.

Kepala Kampung Lebo, Y. Sahabat (41) mengungkapkan “sangat berterima kasih pada Kodim 1301/Sangihe, Polres Sangihe dan Sukarelawan yang telah membantu warga kami yang terkena musibah longsor. Ia mengapresiasi sinergi yang dilakukan TNI membersihkan sisa longsoran di Lebo Kec. Manganitu”,tutup sahabat.(enal)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: