133 Pria Resmi Jadi Duda, Janda Muda Sedang Dominasi PA Bitung

133 Pria Resmi Jadi Duda, Janda Muda Sedang Dominasi PA Bitung
Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Bitung, Masita Olii

Bitung – Gugat cerai di Kota Bitung mengalami peningkatan setiap tahun. Untuk di pertengahan tahun ini saja, periode Januari hingga Juli 2019, Pengadilan Agama (PA) Bitung telah menerima dan mengabulkan perkara cerai 133 pasangan, baik cerai gugat maupun cerai talak.

Lagi-lagi, dari ratusan perkara cerai yang masuk ke PA Bitung itu, mayoritas gugatan cerai yang dilayangkan dari pihak istri.

“Sampai hari ini jumlah perkara yang kami tangani sebayak 135 perkara perceraian. Yang sudah inkrah (berkekuatan hukum tetap) ada 133 perkara,” ujar Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Bitung, Masita Olii, Selasa (16/07/2019).

Masita tidak membantah jika angka perceraian di Kota Bitung relatif meningkat setiap tahunya. Ia bahkan menyebut, bila perselingkuhan melalui media sosial (Medsos) terutama Facebook menjadi salah satu penyebab yang terhitung banyak.

“Dari kebanyakan perkara yang dikonsultasikan dan berakhir di persidangan PA Bitung, penyebab terbesar di antaranya di picu dari perselisihan, pertengkaran dan perselingkuhan di media sosial,” ungkapnya.

Kantor Pengadilan Agama (PA) Bitung

Pengaruh negatif media sosial, kata mantan Hakim PA Amurang ini, memungkinkan seseorang bertemu dengan siapa saja di dunia maya. Di sisi lain, keterbukaan ini membuat pasangan lebih muda mendeteksi pasagannya. Akibat dengan tidak bijaknya menggunakan Medsos tersebut, kerap memicu perselisihan hingga mengarah ke perceraian.

“Perselisihan dan perselingkuhan hampir selalu dibarengi dengan perilaku kasar atau kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), sehingga hanya memperparah hubungan suami istri,” kata Masita.

Selain alasan KDRT, beber Masita, faktor ekonomi juga menjadi penyebab karamnya perahu rumah tangga. Dimana pasangan berusia 25 tahun hingga 32 tahun juga menjadi pasangan usia muda ini mendominasi di PA Bitung.

“Jadi di Bitung ini banyak janda-janda muda,” sebutnya.

(YaserBaginda)

CATEGORIES
TAGS
Share This
%d bloggers like this: